PENGARUH PENEMPATAN PRODUK OLEH VIRTUAL INFLUENCER TERHADAP BRAND SALIENCE MEREK GUCCI DAN NIKE

Wijaya, Santrista (2023) PENGARUH PENEMPATAN PRODUK OLEH VIRTUAL INFLUENCER TERHADAP BRAND SALIENCE MEREK GUCCI DAN NIKE. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Santrista Wijaya - 115200059 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT TARUMANAGARA UNIVERSITY FACULTY OF ECONOMY AND BUSINESS JAKARTA (A) SANTRISTA WIJAYA (B) THE EFFECT OF PRODUCT PLACEMENT ON VIRTUAL INFLUENCER TOWARDS BRAND SALIENCE OF GUCCI AND NIKE (C) XV + 82 pages, 14 tables, 16 pictures, 9 attachments (D) MARKETING MANAGEMENT (E) Abstract: This research aims to examine the influence of product placement by virtual influencers on the brand salience of Gucci and Nike. The technique of data collection used was a convenience sampling technique with a total of 207 Tarumanagara University students as participants. This research employed a pre- test and post-test experiment without a control group where the treatment involved virtual influencer (Allysa Gladys) Instagram content created by the researcher. Data collection was conducted using Google Form which was distributed during field research. The data that has been obtained is then processed using SPSS. Based on the data obtained, product placement by virtual influencers has a positive effect on the brand salience of the Gucci and Nike brands, product placement by virtual influencers has a medium effect for the Gucci brand and a small for the Nike brand. This is due to differences in the product categories of the two brands where Gucci is a luxury fashion brand while Nike is a sportswear brand which is more essential and easier to find in everyday life. (F) Product Placement, Virtual Influencer, Brand Salience, Social Media (G) Reference list: 51 (H) Dr. Cokki, S.E., M.M ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) SANTRISTA WIJAYA (B) PENGARUH PENEMPATAN PRODUK OLEH VIRTUAL INFLUENCER TERHADAP BRAND SALIENCE MEREK GUCCI DAN NIKE (C) XV + 82 halaman, 14 tabel, 16 gambar, 9 lampiran (D) MANAJEMEN MARKETING (E) Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh penempatan produk oleh virtual influencer terhadap brand salience merek Gucci dan Nike. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik convenience sampling dengan jumlah partisipan sebanyak 207 mahasiswa Universitas Tarumanagara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test and post-test experiment without control group dimana perlakuan yang digunakan adalah konten sosial media Instagram virtual influencer (Allysa Gladys) yang dibuat oleh peneliti. Pengambilan data dilakukan menggunakan Google Form yang disebarkan saat penelitian lapangan berlangsung. Data yang telah diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan data yang telah diperoleh, penempatan produk oleh virtual influencer berpengaruh positif terhadap brand salience dari merek Gucci dan Nike, penempatan produk oleh virtual influencer memiliki efek sedang bagi merek Gucci dan kecil bagi merek Nike. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kategori produk dari kedua merek dimana Gucci merupakan merek fesyen mewah sedangkan Nike merupakan merek pakaian olah raga yang sifatnya lebih esensial dan lebih mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. (F) Penempatan Produk, Virtual Influencer, Brand Salience, Sosial Media (G) Daftar Acuan: 51 acuan (H) Dr. Cokki, S.E., M.M

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:26
Last Modified: 09 Sep 2024 01:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44320

Actions (login required)

View Item View Item