Tingkat pemahaman pemeriksa BPK atas kode etik Badan Pemeriksa Keuangan (studi kasus: pemeriksa ahli pertama pada BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu)

Pratiwi, Bunga Citra (2023) Tingkat pemahaman pemeriksa BPK atas kode etik Badan Pemeriksa Keuangan (studi kasus: pemeriksa ahli pertama pada BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu). Masters thesis, Universitas Tarumanagra.

[img]
Preview
Text
Bunga Citra Pratiwi 126231088 JA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat untuk melihat seberapa tinggi Tingkat Pemahaman Pemeriksa BPK Terhadap Kode Etik Badan Pemeriksa Keuangan mengacu pada Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kode Etik Badan Pemeriksa Keuangan, khususnya pada Pemeriksa Ahli Pertama/ Pertama pada BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu yang ditinjau dari empat (4) dimensi, diantaranya masa kerja sebagai Pemeriksa Ahli Pertama/ Pertama di BPK, background pendidikan, background pekerjaan dan masa kerja sebelum bekerja di BPK sebagai Pemeriksa, dan frekuensi penugasan pemeriksaan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada Pemeriksa Ahli Pertama/ Pertama di BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu. Terdapat 50 dari 73 orang orang Pemeriksa Ahli Pertama/ Pertama mengisi kuisioner dengan hasil sebanyak 40% atau 20 responden menjawab “sangat paham” untuk keseluruhan Kode Etik Pemeriksa, sebanyak 38% atau 19 responden, menjawab “paham”, sedangkan sisanya sebanyak 22% atau 11 responden menjawab “cukup paham”. Jika dilihat dari 4 dimensi di atas, terlihat bahwa tidak memberikan dampak yang signifikan kepada tingkat pemahamannya. Hal ini menunjukkan tingkat pemahaman atas kode etik baik dan cukup merata. Kata kunci: Kode Etik; Pemeriksa Keuangan Nomor 4 Tahun 2018; Pemeriksa Ahli Pertama

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:24
Last Modified: 23 Sep 2024 06:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44375

Actions (login required)

View Item View Item