PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES DAN KEY OPINION LEADER ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SKINCARE BRAND SKINTIFIC PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL DI JAKARTA DAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Vincent, Vincent (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES DAN KEY OPINION LEADER ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SKINCARE BRAND SKINTIFIC PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL DI JAKARTA DAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Vincent - 115199204 JA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT UNIVERSITAS TARUMANAGARA FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS JAKARTA (A) VINCENT (115199204) (B) THE INFLUENCE OF ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES AND KEY OPINION LEADER ENDORSEMENT ON PURCHASE INTENTION OF SKINCARE BRAND SKINTIFIC PRODUCTS ON SOCIAL MEDIA PLATFORMS IN JAKARTA AND BRAND AWARENESS AS A MEDIATING VARIABLE. (C) XVIII + 144 Pages, 24 Tables, 2 Picture, 16 Attachments (D) Marketing (E) Abstract: Social media has become an integral part of the Indonesian marketing landscape and society today, the concept of social media marketing is not new in 2023. However, there is still a need for research to examine the effects of social media marketing activities in the cosmetics industry and how it affects purchase intention through brand awareness. This study aims to to identify the components of SMMA, the use of KOL Endorsement and eWOM through Skintific brand social media to investigate the effects of these elements on consumer purchase intention of Skintific brand products, brand equity, and social brand engagement. The design in this study is quantitative research and uses questionnaires to collect data. The number of samples used was 250 which were obtained from a google form questionnaire. The sample selection technique used was purposive sampling. The population in this study were people in Jakarta who had bought or know Skintific products. This study uses data analysis techniques using Partial Least Square (PLS) which is part of Structural Equation Modeling (SEM) which is processed with the help of SmartPLS 4 software. The results of this study indicate that eWOM variable, SMMA variable and brand awareness variable has a influence on the Skintific brand skincare products purchase intention variable in Jakarta value (t> 1.96; p <0.05). The findings of this research are predicted to provide benefits for all companies because of the importance of eWOM, SMMA and Brand Awareness on consumer purchasing intention. (F) Keywords: eWOM, SMMA, KOL Endorsement, Brand Awareness, Purchase Intention. (G) References List: 131 (1971 – 2023) (H) Andi Wijaya, S.E., M.M. ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) VINCENT (115199204) (B) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES DAN KEY OPINION LEADER ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SKINCARE BRAND SKINTIFIC PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL DI JAKARTA DAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (C) XVIII + 144 Halaman, 24 Tabel, 2 Gambar, 16 Lampiran (D) PEMASARAN (E) Abstrak: Media sosial telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari lanskap pemasaran dan masyarakat Indonesia saat ini, konsep pemasaran media sosial bukanlah hal yang baru di tahun 2023. Namun, masih diperlukan penelitian untuk menguji efek dari kegiatan pemasaran media sosial di industri kosmetik dan bagaimana pengaruhnya terhadap niat beli melalui kesadaran merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen-komponen SMMA, penggunaan KOL Endorsement dan eWOM melalui media sosial merek Skintific untuk menginvestigasi pengaruh elemen-elemen tersebut terhadap niat beli konsumen terhadap produk merek Skintific, ekuitas merek, dan social brand engagement. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 250 yang diperoleh dari kuesioner google form. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Jakarta yang pernah membeli atau mengetahui produk Skintific. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) yang merupakan bagian dari Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah dengan bantuan software SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel EWOM, variabel SMMA dan variabel kesadaran merek memiliki pengaruh terhadap variabel niat beli produk perawatan kulit merek Skintific di Jakarta dengan nilai (t>1.96; p<0.05). Temuan penelitian ini diprediksi dapat memberikan manfaat bagi semua perusahaan karena pentingnya EWOM, SMMA dan Brand Awareness terhadap niat beli konsumen. (F) Kata Kunci: promosi dari mulut ke mulut, aktivitas pemasaran media sosial, dukungan dari pemimpin opini utama, kesadaran merek, minat beli (G) Daftar Pustaka 131 (1971 – 2023) (H) Andi Wijaya, S.E., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:44
Last Modified: 10 Sep 2024 07:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44396

Actions (login required)

View Item View Item