Analisis pengaruh opini audit tahun sebelumnya dan kualitas audit terhadap opini audit atas kelangsungan usaha (going concern) (studi kasus pada perusahaan konstruksi yang terdaftar di BEI tahun 2021-2023)

Haruman, Dimas Putra (2023) Analisis pengaruh opini audit tahun sebelumnya dan kualitas audit terhadap opini audit atas kelangsungan usaha (going concern) (studi kasus pada perusahaan konstruksi yang terdaftar di BEI tahun 2021-2023). Masters thesis, Universitas Tarumanagra.

[img]
Preview
Text
Dimas Putra Haruman 126231034 JA.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Salah satu parameter krusial dalam pembangunan suatu negara adalah terkait pertumbuhan ekonomi. Terlebih pada era pemerintahan Presiden Jokowi, banyak dilakukan pembangunan infrastruktur yang pastinya melibatkan industri sektor konstruksi. Wabah Covid 19 yang terjadi pada tahun 2020, pada hampir setiap sektor industri. Hal tersebut berawal dari adanya pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk pembatasan kegiatan perekonomian yang menyebabkan hampir seluruh sektor industri mengalami penurunan performa termasuk salah satunya industri kosntruksi. Saat ini, beberapa perusahaan konstruksi mengalami penurunan dan mendapat opini audit atas kelangsungan usaha .Maka dari itu, peneliti menentukan sektor konstruksi selaku objek Kajiannya. Tujuan dari kajian ini adalah untuk melihat dampak opini audit tahun sebelumnya dan kualitas audit terhadap pemberian opini audit atas kelangsungan usaha. Populasi atas kajian ini adalah sebanyak 29 perusahaan yang ada pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2021 hingga 2023. Peneliti memeriksa keseluruhan populasi tanpa uji petik dengan total 75 pengamatan. Metode analisis data meliputi uji multikolinearitas dan uji regresi logistik. Dari hasil analisis data serta pengetesan hipotesis, ditarik simpulan jika opini audit tahun sebelumnya dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap pemberian opini audit atas kelangsungan usaha. Kata Kunci: Opini Audit Atas kelangsungan usaha, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Kualitas Audit, Analisis Regresi Logistik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:53
Last Modified: 23 Sep 2024 06:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44416

Actions (login required)

View Item View Item