Pengarguh kompetensi dan pengalaman kerja pada kemampuan mendeteksi kecurangan (studi empiris sistem pengendalian internal pada seluruh Bank Perekonomian Rakyat (BPR) di Provinsi Bali)

Askara, I Kadek Jesta (2023) Pengarguh kompetensi dan pengalaman kerja pada kemampuan mendeteksi kecurangan (studi empiris sistem pengendalian internal pada seluruh Bank Perekonomian Rakyat (BPR) di Provinsi Bali). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
I Kadek Jesta Askara 126231094 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sehatnya perekonomian adalah fondasi utama bagi pembangunan berkelanjutan suatu negara, dengan sektor perbankan berperan vital sebagai lembaga intermediasi. Bank Perekonomian Rakyat (BPR) memainkan peran penting dalam menyediakan layanan keuangan kepada masyarakat, khususnya di daerah yang kurang terjangkau oleh bank umum. Namun, BPR rentan terhadap risiko kecurangan yang dapat mempengaruhi stabilitas operasionalnya. Pengawasan yang efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sangat diperlukan untuk memastikan kepatuhan dan tata kelola yang baik, mengingat beberapa BPR di Bali telah mengalami pencabutan izin usaha akibat praktik perbankan yang tidak sehat dan manajemen yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kompetensi dan pengalaman kerja terhadap kemampuan mendeteksi kecurangan di BPR Provinsi Bali. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan Google Forms dengan 131 responden, dan dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan pengalaman kerja memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan mendeteksi kecurangan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa auditor internal dengan kompetensi dan pengalaman kerja yang tinggi lebih mampu mendeteksi kecurangan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah menambahkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemampuan mendeteksi kecurangan. Kata Kunci: Kompetensi, Pengalaman Kerja dan Kemampuan Mendeteksi Kecurangan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:00
Last Modified: 23 Sep 2024 05:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44481

Actions (login required)

View Item View Item