Studi eksperimental pada unjuk kerja aerodinamika pesawat krti megantara v2.0 dengan variasi kecepatan dan sudut serang (TM - 1368)

Edward, benedictus (2024) Studi eksperimental pada unjuk kerja aerodinamika pesawat krti megantara v2.0 dengan variasi kecepatan dan sudut serang (TM - 1368). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
515200019_BENEDICTUS_Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
515200019_BENEDICTUS_Daftar Isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text
515200019_BENEDICTUS_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
515200019_BENEDICTUS_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
515200019_BENEDICTUS_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
515200019_BENEDICTUS_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
515200019_BENEDICTUS_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
515200019_BENEDICTUS_Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis performa aerodinamika pesawat UAV Fixed Wing Racing Plane KRTI UNTAR MEGANTARA V 2.0 dengan menggunakan metode laser sheet smoke flow visualisation yang dilakukan pada tequipment subsonic wind tunnel AF100. Desain pesawat sebelumnya, KRTI UNTAR MEGANTARA V1.0, memiliki beberapa kekurangan aerodinamis, seperti banyak zona tekanan tinggi pada fuselage dan pembentukan wake pada badan pesawat. Namun pengujian aerodinamika secara eksperimental untuk visualisasi aliran seringkali menemui kesulitan sehingga dibutuhkan visualisasi yang lebih baik, sehingga fenomena aliran di sepanjang pesawat dapat divisualisasi dengan jelas. Metode visualisasi dengan bantuan asap dan sinar laser cukup banyak digunakan. Maka penelitian ini bertujuan untuk melakukan visualisasi aliran pada KRTI UNTAR MEGANTARA V2.0 pada wind tunnel dengan variasi angle of attack dan wind velocity, dengan bantuan visualisasi asap dan sinar laser sheet. Penelitian ini menggunakan model uji skala 1:6 yang difabrikasi menggunakan 3D printing dengan teknologi fused deposition modelling (FDM) dan digital light processing (DLP) dan memiliki dimensi 167 mm x 219 mm. Model MEGANTARA V2.0 akan diuji pada wind tunnel dengan berbagai angle of attack (AOA) 0°, 9°, 12°, dan 15°, serta kecepatan udara kecepatan 5m/s, 9m/s, 15m/s. Berdasarkan hasil eksperimen yang telah dilakukan. Terjadi perbedaan karakteristik aliran udara seiring bertambahnya AOA. AOA 0°, 9°, dan 12° menunjukkan aliran yang streamline dan jarang terjadi turbulensi. Sedangkan pada AOA 15° aliran turbulensi terjadi pada semua wind velocity dan menunjukkan terjadinya stall atau kehilangan gaya angkat pada model uji. Sedangkan hasil profil aliran udara pada perubahan wind velocity adalah intensitas wake yang dihasilkan menjadi semakin berkurang seiring dengan bertambahnya wind velocity, dan aliran udara menjadi lebih streamline.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 15 Sep 2024 09:28
Last Modified: 15 Sep 2024 09:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44558

Actions (login required)

View Item View Item