Analisis unjuk kerja aerodinamika pada pesawat krti megantara v 2.0 dengan metode cfd dengan variasi kecepatan dan sudut serang (TM - 1375)

Situngkir, David Fernando (2024) Analisis unjuk kerja aerodinamika pada pesawat krti megantara v 2.0 dengan metode cfd dengan variasi kecepatan dan sudut serang (TM - 1375). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
515229101_DAVID_Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
515229101_DAVID_Pengesahan.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
515229101_DAVID_Daftar Isi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
515229101_DAVID_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
515229101_DAVID_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
515229101_DAVID_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
515229101_DAVID_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
515229101_DAVID_bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
515229101_DAVID_Daftar Pustaka.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Unjuk kerja pesawat nirawak (UAV) dipengaruhi beberapa parameter geometri. Telah dihasilkan pesawat nirawak fixed wing KRTI UNTAR MEGANTARA 1.0 pada penelitian sebelumnya dengan dimensi pesawat 1000mm x 1500mm x 100mm. Dari evaluasi desain yang telah dilakukan, terdapat beberapa parameter geometri yang harus diperbaiki seperti geometri Fuselage, Aspect Rasio wing, dan bentuk sayap. Dengan mengubah geometri yang lebih streamline pada pesawat KRTI UNTAR MEGANTARA 1.0 diharapkan dapat menghgasilkan profil aliran udara yang lebih baik. Penelitian kali ini dilakukan dengan menggunakan simulasi numerik menggunakan perangkat lunak CFD Ansys Fluent secara 3D. Model uji yang akan digunakan diperkecil dari ukuran aslinya dengan skala 1: 6 dan di desain menggunakan aplikasi Autodesk Inventor. Jenis mesh yang akan digunakan yaitu Poly-Hexacore dengan model viskos SST-ω Turbulence Model dan viskositas = 1,849 x 10-5 kg/ms. Aliran fluida berupa freestream dengan variasi kecepatan (v) = 5m/s, 9m/s dan 15m/s dalam kondisi steady dengan nilai Reynold (Re) = 97.652, 175.775 dan 292.958. Pada pesawat nirawak fixed wing KRTI UNTAR MEGANTARA 2.0 ini dilakukan penelitian dengan membandingkan model CFD pada variasi sudut serang 0º,9º,12º,15º. Hasil penelitan ini didapatkan bahwa terdapat perbedaan kecepatan udara yang signifikan pada bagian atas dan bawah pesawat terutama pada Fuselage dan sayap pesawat. Terdapat tekanan tertinggi pada nose pesawat yang dikarenakan nose pesawat merupakan stagnation point. Terjadi juga backflow pada bagian belakang Fuselage yang diakibatkan adanya perubahan geometri yang signifikan. Karakteristik aliran udara akan berubah seiring bertambahnya sudut serang. Pada sudut serang 0º dan 9º profil aliran udara yang dihasilkan streamline. Pada sudut serang 12º merupakan titik keritis dari pesawat tersebut, dimana pada sayap pesawat sudah mulai terbentuk flow separator dan wake. Pada sudut serang 15º terjadi stall pada pesawat yang diakibatkan karena adanya wake atau vortices.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 15 Sep 2024 10:55
Last Modified: 15 Sep 2024 10:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44565

Actions (login required)

View Item View Item