OBJEKTIVIKASI PEREMPUAN DALAM COVER MAJALAH PRIA DEWASA (ANALISIS SEMIOTIK DALAM COVER MAJALAH POPULAR)

Gaol, Sriyanti Lumban (2015) OBJEKTIVIKASI PEREMPUAN DALAM COVER MAJALAH PRIA DEWASA (ANALISIS SEMIOTIK DALAM COVER MAJALAH POPULAR). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) SRIYANTI LUMBAN GAOL (B) OBJEKTIVIKASI PEREMPUAN DALAM COVER MAJALAH PRIA DEWASA (ANALISIS SEMIOTIK DALAM COVER MAJALAH POPULAR) (C) ix + 72 hlm. 4 gambar (D) JURNALISTIK Abstrak : Penelitian ini membahas mengenai objektivikasi perempuan dalam cover majalah dewasa Popular. Majalah merupakan media massa yang kini hadir sesuai dengan segmentasi pembacanya. Salah satunya adalah majalah Popular Indonesia, yang merupakan majalah dengan segmentasi pembaca pria dewasa. Majalah Popular pada setiap edisi covernya menampilkan foto-foto perempuan dengan menonjolkan sisi sensualitasnya dengan tema Glamour. Jika dicermati secara kritis, perempuan dalam majalah ini dijadikan objek. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yaitu analisis leksia dan lime kode pembaca. Objek dalam penelitian ini adlah empat cover majalah popular edisi Mei, Februari, Agustus dan November 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana objektvikasi perempuan didalam empat cover majalah Popular dan mitos apa yang terkandung didalamnya. Hasil penelitian menemukan bahwa foto-foto Cover Majalah Popular, tubuh perempuan diposisikan sebagai objek keindahan untuk dievaluasi, dilihat, diamati untuk memenuhi kepuasan para pembaca majalah tersebut. Foto-foto tersebut seolah menyampaikan bahwa tubuh perempuan hanya dianggap sebagai sebuah benda dan menjadikannya bisnis yang bernilai untuk diperdagangkan, bukan sebagai diri yang memilki jiwa dan perasaan. Wanita diprlihatkan secara jelas dengan bentuk tubuh yang langsing, putih, serta memiliki rambut yang panjang. Mitos kecantikan ditampilkan melalui berbagai media dan disuguhkan kepada masyarakat menyebabkan kaum perempuan menetapkan kualitas dirinya berdasarkan keindahan fisik yang ditampilkan di media massa tersebut. Kata kunci: Semiotika Roland Barthes, Perempuan, Objektivikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2024 01:23
Last Modified: 20 Sep 2024 01:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44652

Actions (login required)

View Item View Item