Pengaruh perusahaan, likuiditas, dan leverage terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2020-2022)

Wicaksono, Ricky Agung (2023) Pengaruh perusahaan, likuiditas, dan leverage terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2020-2022). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Ricky Agung Wicaksono 126231043 JA.pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), khususnya melalui aspek pertambangan, memegang peranan penting. Pertambangan menjadi satu diantara sumber daya terpenting di Indonesia, dan sektor pertambangan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan nasional per tahunnya. Pendapatan melalui ekstraksi bahan mentah akan begitu menunjang pendapatan pemerintah di tengah kelesuan ekonomi global karena pandemi. Perekonomian global sedang dilanda resesi akibat resesi ekonomi serta pandemi COVID-19 yang berpengaruh dalam menurunnya harga bahan baku batubara. Hari ini, pertambangan mengalami perkembangan paling rendah dibandingkan sektor lain. Maka dari itu, peneliti menentukan sektor pertambangan selaku subjek penelitiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dampak ukuran perusahaan, likuiditas, serta leverage atas nilai perusahaan pertambangan (total 62 perusahaan) yang ada pada Bursa Efek Indonesia pada 2020 hingga 2022. Metodologi penentuan sampel pada kajian ini memanfaatkan purposive sampling terhadap 60 organisasi pertambangan. Metode analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, pengujian hipotesis klasik, serta analisis regresi berganda. Dari hasil analisis data serta pengetesan hipotesis, ditarik simpulan jika variabel size serta leverage (DER) berdampak positif serta besar bagi nilai perusahaan (PBV), sementara variabel likuiditas (CR) tidak berpengaruh pada nilai perusahaan (PBV). Kata Kunci: Ukuran Perusahaan; Likuiditas; Leverage; Nilai Perusahaan, Sektor Pertambangan; Regresi Linear Berganda

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:51
Last Modified: 23 Sep 2024 03:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44710

Actions (login required)

View Item View Item