Pengaruh financial distress, profitabilitas, dan kepemilikan institusional terhadap konservatisme akuntansi (pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023)

Windowati, Riska Aria (2023) Pengaruh financial distress, profitabilitas, dan kepemilikan institusional terhadap konservatisme akuntansi (pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Riska Aria Windowati 126231083 JA.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Konservatisme akuntansi merupakan merupakan implementasi akuntansi positif yang ada di perusahaan di mana perusahaan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam mengakui beban dan kewajiban sesegera mungkin dalam menghadapi hasil yang tidak pasti. Dan mengakui pendapatan dan aset ketika sudah pasti di terima. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi konservatisme akuntansi di perusahaan. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi pengaruh financial distress, profitabilitas, dan kepemilikan institusional terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan sektor Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik penentuan sampel dengan metode purposive sampling dan ditentukan sampel sebanyak 30 perusahaan dengan 3 tahun periode keuangan maka sampel 90 laporan keuangan. Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda yang terdiri dari uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa financial distress berpengaruh positif signifikan terhadap konservatisme akuntansi, sementara profitabilitas dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kondisi financial distress mendorong perusahaan untuk meningkatkan penerapan prinsip konservatisme akuntansi, sedangkan tingkat profitabilitas dan proporsi kepemilikan institusional tidak menjadi penentu dalam penerapan konservatisme akuntansi pada sektor tersebut. Kata Kunci: Financial distress, Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, Konservatisme Akuntansi, Bursa Efek Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2024 08:17
Last Modified: 23 Sep 2024 03:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44713

Actions (login required)

View Item View Item