Perancangan game digital bertema pemilahan sampah (DKV - 3032)

Andrian, Kelvin (2024) Perancangan game digital bertema pemilahan sampah (DKV - 3032). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
625200054_KELVIN_Cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200054_KELVIN_Pengesahan.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
625200054_KELVIN_Daftar Isi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text
625200054_KELVIN_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
625200054_KELVIN_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
625200054_KELVIN_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
625200054_KELVIN_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
625200054_KELVIN_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
625200054_KELVIN_Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Sampah di Indonesia bukanlah masalah yang asing bagi warga Indonesia karena masalah tersebut hanya mengalami kenaikan secara terus menerus di setiap tahun. Jenis sampah yang beragam seperti sampah organik(kayu, daun, sisah makanan) dan sampah anorganik(beton, besi, plastik) hanya memperburuk keadaan dengan memperbanyak cara pengendalian untuk masing-masing jenis dan mengakibatkan butuhnya Langkah baru yaitu pemilahan sampah. Kurangnya edukasi dalam pemilahan sampah membuat banyak warga Indonesia memilih untuk mengumpulkan sampah dalam satu tempat secara bersamaan atau membuang sampah secara sembarangan yang berdampak buruk bagi Masyarakat sekitar. Permasalahan sampah tersebut berawal dari kebiasaan Masyarakat Indonesia yang sudah membuang sampah sembarangan sejak kecil atau sejak lama, hal tersebut diakibatkan oleh kebiasaan buruk dari lingkungan sekitar tempat tinggal ataupun orang tuanya sendiri yang diikuti oleh anak tersebut dan terbawa sampai sudah tumbuh dewasa. Sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah dan Lembaga-lembaga khusus penanggulangan sampah dan kebersihan lingkungan untuk menanggulangi masalah sampah tersebut tetapi tidak berunjung sukses karena terlalu banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkannya cara pengedukasian anak kecil tentang pengelompokan dan pemilahan sampah. Sistem pengedukasian yang sedang populer di era modern yaitu pembelajaran melalui game atau game- based learning dan karena popularitas permainan digital yang sedang meningkat pesat sejak munculnya Covid-19 menunjukan bahwa sekarang merupakan waktu yang tepat untuk mempopularitasakan game edukasional terutama di Indonesia yang hanya mempunyai sedikit game edukasi bertopik pengelompokan dan pemilahan sampah. Dengan informasi tersebut muncullah ide untuk membuat permainan digital(game) tentang pengelompokan dan pemilahan sampah yang bersifat edukatif tetapi juga menghibur dan seru untuk dimainkan anak kecil dengan harapan agar membangun kebiasaan baik yang akan dibawa sampai tumbuh dewasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain
Divisions: Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 21 Sep 2024 04:20
Last Modified: 21 Sep 2024 04:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44734

Actions (login required)

View Item View Item