Tjahaya, Julia (2023) Perancangan buku panduan era cosplay (DKV - 3039). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
625200032_JULIA_Cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
625200032_JULIA_Pengesahan.pdf Download (2kB) | Preview |
|
|
Text
625200032_JULIA_Daftar Isi.pdf Download (81kB) | Preview |
|
![]() |
Text
625200032_JULIA_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
![]() |
Text
625200032_JULIA_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
![]() |
Text
625200032_JULIA_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
![]() |
Text
625200032_JULIA_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
|
![]() |
Text
625200032_JULIA_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
|
|
Text
625200032_JULIA_Daftar Pustaka.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Di tengah banyak bermunculannya berbagai budaya dan tren saat ini, ada satu subkultur yang sudah tidak asing lagi di telinga, yaitu cosplay. Meski merupakan subkultur, minoritas dalam kelompok, namun masyarakat awam cukup mengetahuinya. Tindakan bertransformasi menjadi karakter dengan mengenakan pakaian, aksesoris, senjata, riasan, dll. Tergantung pada pakaian karakternya. Cosplayer disebut cosplayer atau coser dan sering tampil di berbagai acara yang melibatkan karakter fiksi. Cosplayer bisa siapa saja dari latar belakang berbeda namun dengan kegembiraan yang sama. Ada dua hal mendasar yang menjadi kendala bagi seorang cosplayer untuk mewujudkan kostumnya: keuangan dan keahlian. Pembuatan kostum membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga akan mendorong mereka untuk belajar hingga menguasai keterampilan baru tersebut. Keterampilan tersebut antara lain menata rambut, merias wajah, menjahit, kerajinan tangan, fotografi, akting atau bermain peran. Bahkan terkadang ada yang mengharuskannya untuk bisa menyanyi dan menari. Membuat kostum sendiri dengan menggunakan keahlian sendiri akan sangat membantu menekan biaya dan menghemat uang, serta memudahkan para cosplayer untuk memulai bisnis cosplaynya sendiri di kemudian hari. Atas dasar itulah, buku panduan ini dirancang sebagai sarana pendukung pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 06:37 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 06:38 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |