Analisis faktor-faktor dalam perspektif fraud triangle terhadap potensi kecurangan pelaporan keuangan (studi pad perusahaan pertambangan yang ,listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2023)

Yuan, Yuan (2023) Analisis faktor-faktor dalam perspektif fraud triangle terhadap potensi kecurangan pelaporan keuangan (studi pad perusahaan pertambangan yang ,listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2023). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Yuan 126231156 JA.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan menguji pengaruh faktorfaktor fraud triangle terhadap potensi kecurangan pelaporan keuangan. Fraud triangle tersebut terdiri dari tekanan yang diproksikan dengan target keuangan, peluang yang diproksikan dengan sifat industri dan rasionalisasi yang diproksikan dengan pergantian auditor. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari potensi kecurangan pelaporan keuangan dan variabel independen terdiri dari target keuangan, sifat industri dan pergantian auditor. Populasi penelitian adalah perusahaan pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 45 unit. Hasil penelitian yang ditarik melalui uji statistik dengan teknik analisis regresi logistik, diperoleh kesimpulan bahwa target keuangan berpengaruh secara positif terhadap potensi kecurangan pelaporan keuangan. Sifat industri dan pergantian auditor tidak berpengaruh secara positif terhadap potensi kecurangan pelaporan keuangan. Kata kunci : target keuangan; sifat industri; pergantian auditor; potensi kecurangan pelaporan keuangan ABSTRACT

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Tesis
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:23
Last Modified: 23 Sep 2024 03:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44766

Actions (login required)

View Item View Item