Analisis Pengaruh Tarif Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Efektivitas Sistem Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Dimediasi Kesadaran Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Pribadi di DKI Jakarta tahun 2022)

Thomas, Steffi Jeannes (2023) Analisis Pengaruh Tarif Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Efektivitas Sistem Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Dimediasi Kesadaran Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Pribadi di DKI Jakarta tahun 2022). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Steffi Jeannes Thomas 127192016 JA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian hendak menguji pengaruh Tarif Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Efektivitas Sistem Pajak terhadap Kepatuhan Pajak dengan Kesadaran Pajak sebagai mediator. Desain/Metodologi/Pendekatan - Pendekatan penelitian ini kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak (WP) Pribadi yang berdomisili di Provinsi DKI Jakarta. Teknik penarikan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tertutup dengan skala Likert 1-6 (1=Sangat tidak setuju, 6=Sangat setuju). Teknik analisis data adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, dan analisis jalur, dengan menggunakan SEM-PLS. Temuan - Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tarif Pajak terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Pajak, berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kesadaran pajak. Sosialisasi Pajak berpengaruh negatif dan tidak signifiikan terhadap Kepatuhan Pajak. Sosialisasi Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesadaran Pajak. Efektivitas Sistem Pajak terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesadaran Pajak maupun terhadap Kepatuhan Pajak. Kesadaran Pajak terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Pajak. Implikasi praktis - Metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan pengaruh Tarif Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Efektivitas Sistem Pajak terhadap Kepatuhan Pajak dengan Kesadaran Pajak sebagai mediator. Orientasi/nilai - Kesadaran Pajak dapat berperan positif pada pengaruh Efektivitas Sistem Pajak terhadap Kepatuhan Pajak. Namun Kesadaran Pajak tidak dapat berperan positif pada pengaruh Tarif/Bea Pajak terhadap Kepatuhan Pajak, maupun pada pengaruh Sosialisasi Pajak terhadap Kepatuhan Pajak. Kata kunci: Tarif Pajak, Sosialisasi Pajak, Efektivitas Sistem Pajak, Kepatuhan Pajak, Kesadaran Pajak

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:55
Last Modified: 24 Sep 2024 03:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44779

Actions (login required)

View Item View Item