Pengaruh Agresivitas Pajak dan Manajemen Laba Riil Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional sebagai Moderasi.

Angelina, Vivian (2023) Pengaruh Agresivitas Pajak dan Manajemen Laba Riil Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional sebagai Moderasi. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Vivian Angelina 127221019 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nilai perusahaan ditunjukkan dari harga saham perusahaan yang dapat ditingkatkan dengan beberapa cara. Penelitian ini menguji pengaruh agresivitas pajak dan manajemen laba riil terhadap nilai perusahaan, serta menguji peran kepemilikan institusional sebagai moderasi. Sampel penelitian adalah perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2018 – 2022. Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 21 perusahaan. Penelitian menunjukkan agresivitas pajak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan manajemen laba riil tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian terhadap peran kepemilikan institusional menunjukan bahwa kepemilikan institusional tidak memoderasi agresivitas pajak terhadap nilai perusahaan, namun memoderasi manajemen laba riil terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Agresivitas Pajak, Manajemen Laba Riil, Kepemilikan Institusional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:04
Last Modified: 25 Sep 2024 04:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44811

Actions (login required)

View Item View Item