Pengaruh Audit Internal dan Efektivitas Pengendalian Internal Terhadap Kemampuan Deteksi Kecurangan (Fraud) (Studi Empiris di Lingkungan Perguruan Tinggi LLDIKTI IV)

Yuliana, Khrisna Anggun (2024) Pengaruh Audit Internal dan Efektivitas Pengendalian Internal Terhadap Kemampuan Deteksi Kecurangan (Fraud) (Studi Empiris di Lingkungan Perguruan Tinggi LLDIKTI IV). Other thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Kharisna Anggun Yuliana 126222049 JA.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Melihat kasus-kasus kecurangan yang terjadi di sektor pendidikan tinggi, maka sangat penting untuk melakukan langkah-langkah pencegahan kecurangan dengan menerapkan manajemen risiko dalam pelaksanaan proses bisnis organisasi, dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008 dan Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 Tahun 2015. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menurut Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi adalah perguruan tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh masyarakat dengan membentuk badan hukum nirlaba. Berdasarkan hasil survei yang disajikan dalam bentuk Report to The Nations, oleh karena itu Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) tahun 2019 yang merupakan lembaga internasional memiliki kepedulian terhadap usaha pencegahan kecurangan di berbagai bidang, berdasarkan hasil survei jika ditinjau dari sisi Pendidikan pelaku fraud ditemukan sebagian besar pelaku fraud adalah jenjang Pendidikan sebagai Lulusan Perguruan Tinggi Tingkat Sarjana dengan persentase 73,2% (Association of Certified Fraud Examiners Indonesia,2019).Kemudian diikuti oleh lulusan Tingkat Master sebesar 17,2%, lulusan diploma sebesar 4,6%, disusul oleh lulusan SMA sebesar 4,2% dan mahasiswa Doktor sebesar 0,8%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan karyawan, direktur/pemilik dan manajer, tiga pihak yang terbukti sering terlibat dalam kasus kecurangan, masih didominasi oleh lulusan S1 dan S2. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang dituju yaitu kepada auditor internal pada bagian sistem pengendalian internal perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI wilayah IV. Kuesioner disebarkan dalam penelitian ini dengan jumlah sampel total sebesar 80 kuesioner dari total 253 kuesioner yang disebar. hasil penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda dengan hasil penelitian menyatakan bahwa auditor internal berpengaruh signifikan tidak dapat dibuktikan melalui penelitian ini dan efektivitas pengendalian internal tidak berpengaruh signifikan melalui penelitian ini. Sedangkan secara simultan menyatakan bahwa auditor internal dan efektivitas pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap kemampuan deteksi kecurangan. Kata Kunci: Kemampuan deteksi kecurangan; efektivitas pengendalian internal;perguruan tinggi; audit internal;

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:38
Last Modified: 26 Sep 2024 03:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44819

Actions (login required)

View Item View Item