Natashia, Felicia (2024) Perancangan antarmuka aplikasi seluler tentang kesehatan menstruasi bagi anak perempuan prapubertas (DKV - 3076). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
625200033_FELICIA_Cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
625200033_FELICIA_Daftar Isi.pdf Download (106kB) | Preview |
|
![]() |
Text
625200033_FELICIA_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
![]() |
Text
625200033_FELICIA_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
![]() |
Text
625200033_FELICIA_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
|
![]() |
Text
625200033_FELICIA_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
625200033_FELICIA_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
625200033_FELICIA_Daftar Pustaka.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Menstruasi merupakan suatu proses alami yang terjadi pada anak perempuan saat memasuki masa pubertas. Penting bagi anak perempuan prapubertas untuk dibekali pengetahuan mengenai menstruasi dan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) agar tidak menimbulkan pengalaman yang negatif saat mengalami menstruasi pertama. Namun topik menstruasi masih dianggap tabu sehingga pengetahuan mengenai menstruasi masih minim di Indonesia dan mitos-mitos mengenai menstruasi masih disebarkan. Dalam era digital ini, banyak anak-anak yang sudah memiliki ponsel dan memakai aplikasi seluler untuk mencari hiburan, berkomunikasi, dan mencari informasi. Oleh karena itu, perancangan antarmuka aplikasi tentang kesehatan menstruasi diharapkan dapat membantu memberikan informasi yang tepat kepada anak perempuan prapubertas usia 7-12 tahun. Penerapan unsur gamifikasi juga dapat membantu meningkatkan minat belajar dan membuat materi mengenai kesehatan menstruasi lebih mudah untuk dipahami. Tujuan perancangan ini adalah mendapatkan hasil rancangan antarmuka berupa prototipe aplikasi seluler tentang kesehatan menstruasi yang informatif dan menghibur karena menerapkan unsur permainan untuk anak perempuan prapubertas yang dapat mempersiapkan diri mereka dalam menghadapi menstruasi. Tahapan perancangan antarmuka aplikasi dimulai dari riset melalui observasi, studi pustaka, dan wawancara pada khalayak sasaran, dokter anak, dan direktur dari Yayasan Kesehatan Perempuan selaku model klien dalam perancangan ini, lalu perancangan site map, user flow, sketsa, wireframe, mock up, dan prototipe. Konsep kreatif yang diterapkan dalam perancangan ini dapat disimpulkan dalam 4 kata kunci, yaitu: positif, ramah, ceria, mudah yang dalam penerapannya menggunakan gaya desain dan ilustrasi flat design dengan kuis sederhana yang interaktif. Dari perancangan ini diharapkan dapat mempermudah anak perempuan prapubertas dalam mendapatkan serta memahami informasi mengenai menstruasi yang tepat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 04:19 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 04:19 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |