Laura, Jesseline (2024) Perancangan kampanye deteksi dini kanker payudara bagi remaja wanita di Jakarta (DKV - 3078). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
625200035_JESSELINE_Cover.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
625200035_JESSELINE_Daftar Isi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
![]() |
Text
625200035_JESSELINE_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
![]() |
Text
625200035_JESSELINE_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
![]() |
Text
625200035_JESSELINE_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
625200035_JESSELINE_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
![]() |
Text
625200035_JESSELINE_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
625200035_JESSELINE_Daftar Pustaka.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia dengan angka kematian sebanyak 22.430 jiwa per tahun 2020 menurut Global Cancer Observatory (GLOBOCAN). Tingginya tingkat kematian akibat kanker tersebut disebabkan karena kebanyakan kasus kanker yang terjadi di Indonesia baru terdeteksi pada stadium lanjut, sehingga kanker sudah lebih sulit untuk disembuhkan. Terdapat cara mudah yang dapat dilakukan secara mandiri untuk mendeteksi kanker payudara, yakni Periksa Payudara Sendiri (SADARI), di mana sebagian besar kelainan atau benjolan pada payudara pertama ditemukan oleh penderita sendiri melalui penerapan SADARI yang tepat. Hanya saja, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, masih terdapat banyak wanita dari kelompok usia remaja hingga dewasa muda yang belum terlalu paham akan pentingnya SADARI dan cara penerapannya, bahkan tidak sedikit juga di antara mereka yang belum mengenal apa itu SADARI. Padahal, kanker payudara ini dapat menyerang wanita dari berbagai kelompok usia, bahkan remaja yang masih berumur 14 tahun sekalipun. Oleh karena itu, diperlukan sebuah strategi komunikasi seperti kampanye dengan menggunakan media dan pendekatan yang tepat untuk meningkatkan edukasi dan awareness mereka mengenai kanker payudara dan SADARI ini. Tujuan dari kampanye ini antara lain adalah agar mereka bisa lebih sadar dan peduli terhadap isu ini, dengan harapan akan membantu mendeteksi kemungkinan kanker sejak dini agar dapat segera ditangani lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 04:43 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 04:43 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |