Putri, Yudith Rotua (2024) Hubungan Self-disclosure Terhadap Stres Akademik yang dialami oleh Remaja Akhir Pengguna Instagram (Studi pada Mahasiswa Tingkat Pertama). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
File 6. Cover-Abstrak.pdf Download (625kB) | Preview |
Abstract
Perguruan tinggi merupakan satu tahap tingkat pendidikan lanjutan bagi para pelajar yang telah menyelesaikan masa studinya melalui di sekolah menengah atas (SMA). Mahasiswa tingkat pertama diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dalam sistem pendidikan, seiring dengan peningkatan tugas dan tanggung jawab yang dihadapi di lingkungan perguruan tinggi. Bagi mahasiswa yang mengalami rasa shock karena perubahan yang dia alami dan tidak dapat melewati masa-masa perubahan serta tuntutan tersebut di dalam perkuliahan, akan sangat rentan bagi mereka untuk mengalami stres akademik. Penelitian ini mengenai hubungan self-disclosure dengan stres pada remaja akhir khususnya mahasiswa tingkat pertama yang menggunakan media sosial Instagram, penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat ukur Revised Self-Disclosure Scale (RSDS) dan Perception of Academic Stres Scale (PAS) menghasilkan hubungan positif yang signifikan antara variabel stres akademik terhadap self-disclosure dengan nilai r (243) = 0.135 dan nilai p = 0.000 < 0.005.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Erik Wijaya, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Self-disclosure, Stres Akademik, Remaja akhir, Mahasiswa Tingkat Pertama |
Subjects: | Penelitian Skripsi/Tugas Akhir Penelitian > Fakultas Psikologi Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 02:33 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 02:33 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |