Peran Kecerdasan Emosional terhadap Coping Stress pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Mengerjakan Skripsi

Giartriweni, Nabilah Khansa (2024) Peran Kecerdasan Emosional terhadap Coping Stress pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
File 6. Cover-Abstrak.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir menghadapi berbagai tantangan selama masa perkuliahan. Cukup banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyusun skripsi. Tekanan yang timbul dapat menyebabkan stres, menghambat proses penyusunan skripsi. Oleh karena itu, diperlukan coping stress untuk membantu mahasiswa mengatasi tekanan dan mengoptimalkan kemampuan mereka dalam menghadapi permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang diambil sebanyak 325 mahasiswa tingkat akhir. Metode pencarian sampel yang diterapkan dalam penelitian ini ialah teknik non-probability sampling, yaitu convenience sampling. Instrumen yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Skala Kecerdasan Emosional sebanyak 30 butir, dan Skala Coping Stress sebanyak 30 butir. Dalam penelitian ini, teknik analisis yang diterapkan adalah regresi linier sederhana. Hasil hipotesis yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat peran kecerdasan emosional terhadap penggunaan coping stress yang signifikan. Kecerdasan emosional memiliki peran sebesar 4.5% terhadap aspek problem focused coping dan 11.6% terhadap aspek emotion focused coping pada mahasiswa tingkat akhir di wilayah Jabodetabek yang sedang mengerjakan skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Erik Wijaya, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Coping Stress, Mahasiswa Tingkat Akhir, Skripsi
Subjects: Penelitian
Skripsi/Tugas Akhir
Penelitian > Fakultas Psikologi
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Oct 2024 09:10
Last Modified: 16 Oct 2024 09:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44907

Actions (login required)

View Item View Item