Pengaruh Handwriting Training Terhadap Working Memory Pada Siswa Sekolah Dasar

Tirtha, Ida Bagus Aditya Vyad (2024) Pengaruh Handwriting Training Terhadap Working Memory Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
File 6. Cover-Abstrak.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan wajib untuk menunjang manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan selalu dimulai dari sekolah dasar yang akan membekali ilmu keterampilan dasar kepada anak. Namun, pada pendidikan sekolah dasar seringkali didapatkan laporan bahwa tidak sedikit anak yang mengalami kondisi kesulitan belajar. Anak yang mengalami kondisi kesulitan dalam pembelajaran biasanya diindikasikan dengan gangguan pada memori kerja atau working memory. Working memory merupakan sebuah sistem pada otak manusia yang bertugas untuk menyimpan dan memanipulasi informasi sementara untuk melakukan tugas-tugas yang kompleks seperti berpikir, berhitung, membaca, menulis, dan sebagainya. Menulis dengan tangan atau handwriting memerlukan kinerja dari tiga bagian aktif pada otak yang akan membuat representasi visual dan motorik saat memproduksi sebuah tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh handwriting training terhadap working memory pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan partisipan adalah 10 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Wilcoxon yang menguji hasil pre-test dan post-test alat ukur digit span untuk melihat pengaruh handwriting training terhadap working memory. Analisis data menunjukkan perolehan nilai N positive ranks pada post test sebesar 35 dengan nilai asymp.sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh handwriting training terhadap working memory pada siswa sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi baru untuk pengembangan penelitian selanjutnya. Penelitian ini juga dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca khususnya kepada guru-guru untuk menambahkan program handwriting training ke dalam program pembelajaran untuk melatih kemampuan working memory siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Memori Kerja, Pelatihan Menulis Tangan, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Penelitian
Skripsi/Tugas Akhir
Penelitian > Fakultas Psikologi
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Oct 2024 09:13
Last Modified: 16 Oct 2024 09:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44908

Actions (login required)

View Item View Item