MENCARI BENTUK KAMPANYE POTITIK KHAS INDONESIA: PENCITRAAN BERBASIS DIMENSI BUDAYA

Loisa, Riris and Setyanto, Yugih (2012) MENCARI BENTUK KAMPANYE POTITIK KHAS INDONESIA: PENCITRAAN BERBASIS DIMENSI BUDAYA. Karya Ilmiah Dosen. pp. 719-732. ISSN 978-979-9204-63-9

[img]
Preview
Text
2141-4651-2-PB.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

semarak dinamika politik Indonesia dapat dilihat dari pesta demokrasi yang diadakan dari tingkat pusat hingga daerah. Setiap daerah seakan melahirkan kandidat yang mengklaim dirinya paling tepat menjadi pemimpin. untuk menarik simpati masydrakat, mereka melancarkan berbagai strategi Public Relations termasuk membangun pencitraan tertenfti. Pertanyaannya, apakah pencitraan yang mereka bangun untuk menggapai simpati dari calon pemilih sesuai dengan budaya "Ke-lndonesiaan". Kurangnya pemahaman akan hal ini membuat banyak kandidat berkampanye yang mengadopsi budaya luar tanpa memandang kesesuaiannya dengan masyarakat kita. Ajaran budaya yang menganiurkan untuk selalu merunduk bagaimanapun hebat atau suksesnya kita sebagai manusia, seakan diabaikan dari sirategi kampanye para kandidat. Melalui makalah ini akan ditelusuri pencitraan seperti apa yang sesuai dengan budaya Indonesia. Analisis dilakukan terhadap data sekunder berupa artikel mengenai kandidat dalam pilkada DKI putaran pertama yang baru berlangsung, dengan meminjam pemikiran Geert Hofstede mengenai dimensi budaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada beberapa nilai budaya Indonesia yang patut diperhitungkan dalam membangun pencitraan kandidat yang faiourable meliputi: pencitraan yang mereduksi jarak kekuasaan dan mengedepankan nilai femininitas.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 21 Apr 2017 01:38
Last Modified: 21 Apr 2017 01:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item