Indrawan, Novita (2024) Perancangan komunikasi visual belajar yang interaktif untuk Yayasan Griya Asih (DKV - 3085). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
625200042_NOVITA_Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
625200042_NOVITA_Pengesahan.pdf Download (2kB) | Preview |
|
|
Text
625200042_NOVITA_Daftar Isi.pdf Download (185kB) | Preview |
|
![]() |
Text
625200042_NOVITA_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
![]() |
Text
625200042_NOVITA_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
![]() |
Text
625200042_NOVITA_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
625200042_NOVITA_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
625200042_NOVITA_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
625200042_NOVITA_Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Yayasan adalah badan hukum yang bergerak dalam domain sosial, kemanusiaan, dan keagamaan. Yayasan memiliki banyak sumber daya yang luar biasa. Dilandasi oleh semangat belarasa dan cinta kepada sesama khususnya anak jalanan dan terlantar, maka berdirilah Yayasan Griya Asih pada tahun 1996, Yayasan ini tidak hanya menampung anak- anak jalanan dan terlantar tetapi memiliki komitmen untuk membiayai pendidikan anak-anak baik secara formal dan nonformal. Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbudristek, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd menegaskan, belajar tidak harus di dalam kelas. Karena pada prinsipnya, bermain adalah belajar. Menurut perkembangan kognitif Piaget, anak-anak di antara usia 7 sampai 9 tahun berada di tahap operasional konkret. Pada tahap ini, anak melihat "dunia" secara objektif dan konseptual. KTSP atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, membutuhkan perubahan paradigma tentang pembelajaran dan pendidikan. Dari fenomena tersebut penulis menemukan bahwa dibutuhkannya pengembangan komunikasi visual sebagai media belajar yang interaktif sehingga belajar menjadi hal yang menyenangkan dan tidak monoton. Karena terbatasnya penggunaan gawai, buku menjadi salah satu media yang efektif untuk belajar karena buku sumber belajar yang mudah ditemukan dan digunakan. Selain itu, penggunaan buku juga sangat mudah bagi anak-anak, mereka tidak memerlukan keterampilan khusus lain untuk menggunakan buku. Buku juga tidak hanya sebagai kumpulan kertas yang berisi teks, namun buku dapat diinovasikan menjadi sebuah media untuk belajar anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 06:34 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 06:34 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |