Perancangan sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard dan Hosin kanri di PT. ABC (T. Ind - 849)

Peribadi, Sylvia Angeline (2024) Perancangan sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard dan Hosin kanri di PT. ABC (T. Ind - 849). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
545200021_SYLVIA_Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
545200021_SYLVIA_Pengesahan.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
545200021_SYLVIA_Daftar Isi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
545200021_SYLVIA_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
545200021_SYLVIA_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
545200021_SYLVIA_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
545200021_SYLVIA_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
545200021_SYLVIA_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
545200021_SYLVIA_Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan di perusahaan garmen yang merupakan perusahaan industri manufaktur yang bergerak dibidang garmen atau pakaian. Untuk dapat bersaing pada industri sejenis, penting dilakukannya pengukuran kinerja untuk menilai sejauh mana perusahaan mengalami kemajuan dalam keberhasilan perusahaan mencapai target yang ditetapkan. Perusahaan selama ini hanya melihat dari aspek keuangan saja belum adanya pengukuran kinerja secara menyeluruh. Pengukuran kinerja menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC) yang terdiri dari 4 perspektif yaitu keuangan, pelanggan, bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. BSC bertujuan untuk membantu perusahaan menentukan prioritas dan memantau perkembangan perusahaan dalam mencapai tujuan. Dari 4 perspektif tersebut didapatkan bobot masing-masing sebesar 0,307; 0,260; 0,247; 0,186. Pada metode Objective Matrix (OMAX) yang bertujuan untuk mengukur produktivitas perusahaan dan Traffic Light System yang bertujuan untuk mempermudah dalam mengartikan pencapaian kinerja perusahaan didapatkan dari 12 key perfomance indicator (KPI) ada 3 KPI yang sudah mencapai target, 5 KPI yang hampir mencapai target antara lain peningkatan keuntungan, peningkatan kesetiaan pelangan, meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan, pengurangan defec produk, serta pelatihan rutin karyawan dan 4 KPI yang masih berada dibawah target antara lain penambahan pelanggan baru, pengurangan kecelakaan kerja, peningkatan kepuasaan karyawan serta peningkatan kedisplinan karyawan. Setelah itu, menggunakan metode Hoshin Kanri Planning X-Matrix untuk melakukan perancangan strategi agar perusahaan dapat meraih tujuan jangka panjang dan terus berusaha melakukan peningkatan dan pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 05 Jan 2025 06:06
Last Modified: 05 Jan 2025 06:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45385

Actions (login required)

View Item View Item