PRISCILIA, TIARA (2024) PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI REMAJA MELALUI DRAMA KOREA (STUDI PADA PENONTON DRAMA KOREA LOVE NEXT DOOR). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A)TIARA PRISCILIA/915210018 (B) PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI REMAJA MELALUI DRAMA KOREA (STUDI PADA PENONTON DRAMA KOREA LOVE NEXT DOOR) (C)xv+61 hlm, Tahun 2024, table 4, gambar 5, Lampiran 4 (D) JURNALISTIK Abstrak: Identitas diri adalah situasi atau konsep pengenalan diri, mencari tujuan dan memegang nilai dan keyakinan diri. Identitas diri merupakan satu hal yang fundamental pada pembentukan identitas diri terutama pada remaja. Remaja merupakan perkembangan seseorang yang masih ditandai dengan kelabilan dalam pencarian jati diri. Remaja akan menyerap berbagai sumber dan informasi dari internet seperti pada drama Korea. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan identitas diri remaja melalui drama Korea dengan menggunakan teori interaksi simbolik sebagai landasan utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pesan drama Korea Love Next Door melalui narasi dan interaksi karakter berpotensi mendorong rasa percaya diri, keterbukaan komunikasi, empati, dan fleksibilitas remaja dalam merencanakan masa depan serta membentuk identitas diri. Hal ini terlihat dari cara remaja memahami pesan pada drama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pengambilan keputusan dan menjalin hubungan sosial di masyarakat. Kata Kunci: Interaksi Simbolik, Identitas diri, Remaja (E) DAFTAR PUSTAKA: 2 (buku), 34.(jurnal), 3 (web) (F) Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos., M.Si
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 07:19 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:19 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |