ILUSTRASI INFOGRAFIK DALAM PEMAKNAAN BERITA BISNIS.COM EDISI AGUSTUS 2024 (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

MARUS, MARIA JESSICA ELVIRA (2024) ILUSTRASI INFOGRAFIK DALAM PEMAKNAAN BERITA BISNIS.COM EDISI AGUSTUS 2024 (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) MARIA JESSICA ELVIRA MARUS/915210025 (B) ILUSTRASI INFOGRAFIK DALAM PEMAKNAAN BERITA BISNIS.COM EDISI AGUSTUS 2024 (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE) (C) 116 hlm, Tahun 2024, tabel 5 gambar 8, Lampiran 4 (D) JURNALISTIK Abstrak : Pertumbuhan dan kemajuan yang makin pesat membuat media online menjadi media yang banyak digemari masyarakat. Untuk memudahkan pembaca dalam melihat berita, hadirlah jurnalisme online yang berdampak pada praktik jurnalisme. Berita, artikel, investigatif dan informasi disajikan dalam bentuk media massa efisien. Infografik digunakan sebagai salah satu media internet dan media online untuk menvisualisasikan data-data statistik yang kompleks untuk menyajiakan berita. Penelitian ini menggunakan kualitatif bersifat observasi karena objek yang diteliti berhubungan dengan komunikasi massa. Penelitian ini untuk mengetahui makna setiap ilustrasi infografik Bisnis.com edisi Agustus 2024 dengan topik yang berbeda dengan menggunakan teori Semiotika Charles Sanders Peirce berlandaskan pada konsep Triangle of Meaning yaitu sign (tanda), object (objek), dan interpretant (interpretasi). Efektivitas berita dengan menggunakan infografik serta daya visual menarik memudahkan pembaca dalam mencerna berita yang penuh dengan data dan angka. Ini menjadi sesuatu yang efektif untuk mengkomunikasikan informasi dengan grafik secara terperinci dan cepat. Infografik yang disajikan menyangkut elemen-elemen, objek berupa teks, gambar, foto, grafik, narasi, dan ilustrasi yang dipadukan untuk membentuk kombinasi pendek, menarik, dan praktis sehingga pembaca yang kurang literasi atau bosan dengan narasi berita yang panjang erbantu sebagai langkah yang tepat. Kata Kunci : Infografik, Berita, Semiotika, Komunikasi Massa, Jurnalisme Online. (E) DAFTAR PUSTAKA : 18 buku, 15 jurnal (F) DODDY SALMAN S.H.,M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:17
Last Modified: 23 Jan 2025 08:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45650

Actions (login required)

View Item View Item