PENGARUH DESAIN IKLAN DAN DIKSI DALAM IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN BILLBOARD

Kusuma, Ryan Tirta (2024) PENGARUH DESAIN IKLAN DAN DIKSI DALAM IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN BILLBOARD. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) RYAN TIRTA KUSUMA/915210066 (B) PENGARUH DESAIN IKLAN DAN DIKSI DALAM IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN BILLBOARD (C) xix + 54 hlm, Tahun 2024 , tabel 3 , gambar 12, Lampiran… (D) PERIKLANAN Abstrak: Iklan adalah salah satu elemen penting dalam komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk menarik perhatian, membangun minat, serta memengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desain iklan dan diksi terhadap efektivitas iklan Billboard menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Desain visual dan pilihan kata dalam iklan memainkan peran kunci dalam membangun kesadaran merek dan menciptakan daya tarik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 100 responden, yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Variabel independen adalah desain iklan (X1) dan diksi (X2), sementara variabel dependen adalah efektivitas iklan Billboard (Y1). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur persepsi responden terhadap elemen-elemen tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain dan diksi secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas iklan (F = 72,692; p < 0,001). Namun, secara parsial, hanya diksi yang memiliki pengaruh signifikan (t = 2,030; p = 0,045), sedangkan desain tidak signifikan (t = 0,979; p = 0,330). Koefisien determinasi (R-Square) sebesar 0,600 menunjukkan bahwa 60% efektivitas iklan dapat dijelaskan oleh desain dan diksi, sementara 40% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Saran dari penelitian ini menyarankan pengiklan untuk lebih memperhatikan penggunaan diksi yang tepat dan persuasif, sambil terus mengoptimalkan desain visual untuk mendukung efektivitas iklan. vi Kata kunci: desain iklan, diksi, efektivitas iklan, Billboard, AIDA. (E) DAFTAR PUSTAKA: 10 (buku), 23 (jurnal) (F) REZI ERDIANSYAH Drs., M.S., Dr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2025 03:39
Last Modified: 30 Jan 2025 03:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45691

Actions (login required)

View Item View Item