PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PT.SUMBER KREASI CIPTA PRATAMA)

Hung, Jocellyne Stephanie (2024) PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PT.SUMBER KREASI CIPTA PRATAMA). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A)JOCELLYNE STEPHANIE HUNG/915210068 (B) Peran Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan melalui Pemanfaatan Media Sosial (Studi Pada PT. Sumber Kreasi Cipta Pratama) (C)xvii+ 53 hlm, Tahun 2024, gambar 2, Lampiran 3 (D)PUBLIC RELATIONS Abstrak: Media sosial saat ini menjadi salah satu alat strategis yang penting dalam membangun dan mempertahankan citra perusahaan. PT. Sumber Kreasi Cipta Pratama, pemilik merek Calbi, memanfaatkam media sosial Instagram dan Tiktok sebagai platform utama dalam strategi Public Relations (PR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi PR berbasis tahapan Research, Planning, Communication – Action, dan Evaluation. Pendekata penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penulis mengumpulkan data dengan studi pustaka, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan melakukan riset mendalam untuk memahami perilaku audiens, sehingga konten yang diunggah sesuai dengan karakteristik masing – masing platform. Perencanaan konten dilakukan dengan menggabungkan promosi dan hiburan, termasuk kolaborasi dengan influencer untuk memperluas jangkauan merek. Dalam pelaksanaannya, perusahaan menjaga interaksi aktif melalui fitur media sosial, memberikan respons cepat terhadap pertanyaan dan keluhan konsumen. Evaluasi rutin dilakukan dengan menganalisis performa konten dan feedback konsumen, yang menunjukkan peningkatan brand awareness, engagement, dan loyalitas pelanggan. Strategi PR berbasis media sosial yang diterapkan PT. Sumber Kreasi Cipta Pratama telah berhasil membangun citra positif merek Calbi sekaligus memastikan perusahaan tetap relevam di pasar yang kompetitif. Kata Kunci: Public Relations, media sosial, citra perusahaan (E) DAFTAR PUSTAKA: 6 buku, 20 jurnal (F) Dr. Yugih Setyanto S.Sos., M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2025 03:48
Last Modified: 30 Jan 2025 03:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45694

Actions (login required)

View Item View Item