EFEKTIVITAS IKLAN TRANSJAKARTA DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU PENGGUNA TRANSPORTASI UMUM

SIMANJUNTAK, BINTANG SAMUEL (2024) EFEKTIVITAS IKLAN TRANSJAKARTA DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU PENGGUNA TRANSPORTASI UMUM. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) BINTANG SAMUEL SIMANJUNTAK/915210115 (B) EFEKTIVITAS IKLAN TRANSJAKARTA DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU PENGGUNA TRANSPORTASI UMUM (C) xvi + 75hlm, Tahun 2024, tabel 27, gambar 11, lampiran 6 (D) PERIKLANAN Abstrak: Di era digital, media sosial telah menjadi platform utama untuk promosi iklan, termasuk bagi perusahaan transportasi umum seperti Transjakarta. Peran Instagram sebagai media sosial yang populer memungkinkan perusahaan untuk menjangkau khalayak luas melalui konten visual yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas iklan Transjakarta di Instagram terhadap perilaku pengguna transportasi umum, khususnya generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei terhadap 400 responden yang merupakan pengikut dan pengguna Instagram Transjakarta. Dalam penelitian ini, variabel independen yang diukur meliputi daya tarik iklan, kejelasan pesan, frekuensi tayang, dan interaksi pengguna, sementara variabel dependen mencakup kesadaran, kepuasan, loyalitas, dan keputusan menggunakan Transjakarta sebagai transportasi umum. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan yang menarik secara visual, informatif, dan mampu mendorong interaksi, memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kesadaran serta keputusan pengguna untuk memilih Transjakarta sebagai transportasi umum. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Transjakarta untuk meningkatkan strategi pemasaran digital guna menarik lebih banyak pengguna generasi muda dan mempromosikan penggunaan transportasi umum. Kata Kunci: Efektivitas iklan, Transjakarta, Instagram, Perilaku konsumen. (E) DAFTAR PUSTAKA: 3 (buku), 31 (jurnal), 5 (sumber online) (F) Sisca Aulia S.I.Kom., M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 31 Jan 2025 06:26
Last Modified: 31 Jan 2025 06:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45731

Actions (login required)

View Item View Item