YESSICA, YESSICA (2024) ANALISIS KOMUNIKASI ARTIFAKTUAL SEBAGAI IDENTITAS VISUAL DAN BUDAYA MAHASISWA FASHION DI BURGO INDONESIA. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) YESSICA/915210120 (B) ANALISIS KOMUNIKASI ARTIFAKTUAL SEBAGAI IDENTITAS VISUAL DAN BUDAYA MAHASISWA FASHION DI BURGO INDONESIA. (C) XXI + 132 hlm, Tahun 2024, tabel 4, gambar 14, Lampiran 5. (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi artifaktual sebagai identitas visual dan budaya mahasiswa fashion di Burgo Indonesia. Dengan keberagaman budaya, menjadikan fashion tidak berbicara estetika saja, tetapi juga menjadi alat komunikasi non-verbal yang mencerminkan identitas, status sosial, dan nilai individu dalam membentuk persepsi dan citra diri yang mencerminkan visual dan budaya untuk menjadi ciri khas seseorang. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik oleh George Herbert Mead, yang menjelaskan simbol dan makna sosial memengaruhi interaksi manusia. Elemen Mind merupakan proses berpikir simbolik dalam memilih yang sesuai dengan nilai-nilai individu. Self menggambarkan ekspresi identitas diri dengan menyeimbangkan terhadap norma sosial dan persepsi masyarakat. Society menjelaskan budaya dan norma sosial memengaruhi keputusan yang mengintegrasikan identitas visual dan budaya individu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap mahasiswa fashion di Burgo Indonesia. Dengan menjawab bagaimana komunikasi artifaktual berfungsi sebagai identitas visual dan budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karya mahasiswa estetis tetapi juga memiliki makna, mencerminkan identitas visual dan budaya yang khas. Temuan ini memberikan kontribusi pada pengembangan teori komunikasi artifaktual serta memberikan panduan praktis bagi mahasiswa fashion dalam menciptakan karya desain yang memadukan estetika dan budaya sebagai ciri khas individu. Kata Kunci: komunikasi artifaktual, identitas visual, identitas budaya, fashion, teori interaksi simbolik. (E) DAFTAR PUSTAKA: 0 (buku), 34 (jurnal) (F) Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos., M.Si.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 01:56 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 01:56 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |