PENGARUH PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KINERJA PROFESI PUBLIC RELATIONS (PR)

Riwanda, Josephine Kayla (2024) PENGARUH PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KINERJA PROFESI PUBLIC RELATIONS (PR). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) JOSEPHINE KAYLA RIWANDA / 915210124 (B) PENGARUH PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KINERJA PROFESI PUBLIC RELATIONS (PR) (C) XV + 95 hlm, Tahun 2024, Tabel 15, Gambar 6, Lampiran 14 (D) PUBLIC RELATIONS Abastrak: Artificial Intelligence (AI) saat ini semakin banyak diadopsi oleh praktisi Public Relations (PR) untuk meningkatkan kinerja. Teknologi Artificial Intelligence (AI) seperti ChatGPT (OpenAI) digunakan dalam berbagai aspek, seperti analisis data, personalisasi, dan otomatisasi tugas rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Artificial Intelligence (AI) terhadap kinerja praktisi Public Relations (PR). Responden penelitian ini adalah 100 praktisi Public Relations (PR) dengan latar belakang yang beragam, meliputi perusahaan BUMN, swasta, dan agensi Public Relations (PR). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan instrumen kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan antara penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan kinerja praktisi Public Relations (PR). Uji koefisien korelasi menghasilkan nilai 0,745, yang menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara kedua variabel. Selain itu, uji determinasi menunjukkan angka 55,5% yang menunjukan adanya pengaruh teknologi Artificial Intelligence (AI) terhadap kinerja Public Relations (PR). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Artificial Intelligence (AI) mampu meningkatkan pengoptimalan kualitas kerja, pemanfaatan sumber daya, kecakapan dan ketelitian, serta capaian hasil kerja praktisi Public Relations (PR). Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan adopsi teknologi Artificial Intelligence (AI) secara lebih luas untuk mendukung profesionalisme praktisi Public Relations (PR). Kata Kunci: Artificial Intelligence, Public Relations, Kinerja (E) DAFTAR PUSTAKA: 4 Buku, 28 Jurnal, 2 Website (F) Dr. Moehammad Gafar Yoedtadi. M.si

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:29
Last Modified: 03 Feb 2025 02:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45749

Actions (login required)

View Item View Item