Margareth, Hanna (2024) PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN INSTAGRAM @NARASI.TV TERHADAP KEPUASAN GENERASI Z DALAM MENDAPATKAN INFORMASI. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A)HANNA MARGARETH / 915210137 (B) PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN INSTAGRAM @NARASI.TV TERHADAP KEPUASAN GENERASI Z DALAM MENDAPATKAN INFORMASI (C) xv+ 83 hlm, Tahun 2024, tabel 24, gambar 4, Lampiran 8 (D)JURNALISTIK Abstrak: Media sosial merupakan suatu wadah untuk mencari informasi melalui media online dan menjalin komunikasi jarak jauh dengan orang lain. Media sosial dirancang untuk mempermudah interaksi sosial yang bersifat dua arah. Instagram menjadi media sosial yang digemari oleh masyarakat karena memiliki beragam fitur yang mampu menunjang untuk penyampaian informasi kepada pengguna. Generasi Z adalah salah satu generasi yang mengandalkan media sosial sebagai sumber pemenuhan kebutuhan informasi. Narasi TV merupakan salah satu akun yang turut aktif dalam penyebaran informasi melalui media khususnya Instagram dan berita yang dibagikan telah disesuaikan untuk mampu menjangkau Generasi Z. Sesuai dengan asumsi dasar dari teori Uses and Gratification bahwa pengguna dianggap aktif dan mereka menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, dari banyaknya informasi yang tersaji di dalam media sosial sebagai pengguna secara sadar dapat memilih media mana yang tepat untuk dijadikan sumber informasi demi memenuhi kepuasan. Tujuan dilakukannya penelitian tersebut untuk mengetahui pengaruh motif penggunaan media sosial @narasi.tv terhadap kepuasan Generasi Z dalam mendapatkan informasi. Penelitian tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z yang pernah mengakses akun Instagram Narasi.tv untuk mendapatkan informasi dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang didapat melalui perhitungan menggunakan rumus Lemeshow. Melalui hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motif informasi menjadi alasan utama penggunaan media sosial khususnya Instagram sebagai sumber pemenuhan kepuasan individu dalam mendapatkan informasi. Kata Kunci: Sosial Media, Motif, Kepuasan, Instagram (E) DAFTAR PUSTAKA: 3 buku, 37 jurnal (F) Dr. Riris Loisa, M.Si (G)Lydia Irena, S.I.Kom., M.Si
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 03:49 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 03:49 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |