STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN THE ANTHEIA PROJECT DALAM MENCIPTAKAN KESADARAN MASYARAKAT MENGENAI ISU LINGKUNGAN

Hutama, Victor (2024) STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN THE ANTHEIA PROJECT DALAM MENCIPTAKAN KESADARAN MASYARAKAT MENGENAI ISU LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A)Victor Hutama - 915210140 (B) STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN THE ANTHEIA PROJECT DALAM MENCIPTAKAN KESADARAN MASYARAKAT MENGENAI ISU LINGKUNGAN (C)xvii + 89 hlm, Tahun 2024, tabel 2 gambar 8, Lampiran 3 (D)PERIKLANAN Abstrak: Masalah sampah di Indonesia bukan hanya menjadi permasalahan lingkungan, tetapi juga menjadi ancaman besar kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. Setiap tahun negara Indonesia menghasilkan jutaan sampah yang terus meningkat akibat aktivitas-aktivitas manusia. menghadapi permasalahan ini, komunikasi strategi lingkungan menjadi komponen penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan sampah. Penelitian ini berfokus untuk mengkaji bagaimana The Antheia Project, sebagai organisasi non pemerintah lingkungan yang memanfaatkan komunikasi strategis untuk meningkatkan masyarakat atas isu lingkungan di Indonesia. Metode dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif dengan mengumpulkan data melalui hasil observasi, wawancara dan data pendukung, literature review. Dari hasil penelitian, The Antheia Project sudah menerapkan strategi komunikasi lingkungan dalam empat tahapan. Tahapan pertama, penilaian atau assessment, Tim The Antheia Project melakukan analisis terhadap masalah di masyarakat, topik yang dibawa, media dan target audiens. Tahapan kedua, perencanaan atau planning, pada pengembangan strategi komunikasi, konten-konten yang diunggah untuk menyesuaikan dengan tren dan target audiens. Tahapan ketiga, produksi atau production, The antheia project membuat pesan komunikasi yang bersifat akurat, relevan dengan audiens dengan beragama macam konten dan melakukan pretest untuk menguji kepantasan. Pada tahapan terakhir keempat adalah aksi dan refleksi, di mana The Antheia Project melakukan aktivitas komunikasi dalam media sosial dan kegiatan langsung, serta melakukan evaluasi secara berkala terhadap setiap kegiatan dalam laporan bulanan. Kata Kunci: Strategi komunikasi lingkungan, Kesadaran publik, Media sosial Instagram DAFTAR PUSTAKA: 11 buku, 27 jurnal (E) (Dr. Wulan Purnama Sari, S.I.Kom., M.Si.) (F) Lydia Irena S.I.Kom. M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:21
Last Modified: 03 Feb 2025 04:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45761

Actions (login required)

View Item View Item