Aulia, Shabila (2024) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK MELALUI TIKTOK @sahabataayofficial (STUDI KASUS KAMPANYE YANG DILAKUKAN YADI RUSMAYADI PADA PILKADA PURWAKARTA). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A)SHABILA AULIA/915210148 (B) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK MELALUI TIKTOK (STUDI KASUS KAMPANYE YANG DILAKUKAN YADI RUSMAYADI PADA PILKADA PURWAKARTA) (C) xx + 102 hlm, Tahun 2024, tabel 6, gambar 13, Lampiran 6 (D)PUBLIC RELATIONS Abstrak: Perkembangan teknologi digital dan internet telah menciptakan perubahan yang signifikan dalam berbagai macam aspek kehidupan, salah satunya dalam dunia politik. Satu di antara fenomena yang mencuri perhatian pada saat ini adalah penggunaan media sosial sebagai instrumen untuk dilakukannya komunikasi politik. Media sosial memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pandangan masyarakat melalui informasi yang disampaikan. Tiktok menjadi salah satu media sosial yang dinilai strategis dalam menyampaikan pesan politik. Dalam konteks Pilkada Purwakarta, penggunaan Tiktok untuk kampanye politik merupakan hal baru dan Yadi Rusmayadi kandidat yang diusung oleh partai Nasdem, PAN, dan PKS memanfaatkan Tiktok melalui akun @sahabataayofficial untuk berkampanye. Mengingat berbagai macam tantangan yang ada, perlu merancang strategi yang tepat agar pesan politik dapat tersampaikan dengan baik. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Juli sampai November 2024 dan tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh Yadi Rusmayadi melalui platform Tiktok @sahabataayofficial pada kampanye Pilkada Purwakarta. Pendekatan kualitatif-deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Yadi Rusmayadi dan tim pemenangan serta observasi terhadap konten Tiktok yang diunggah selama masa kampanye. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa strategi komunikasi politik yang diterapkan oleh Yadi Rusmayadi dan tim pemenangan pada saat melakukan kampanye politik di Tiktok @sahabataayofficial berhasil menciptakan kampanye yang strategis di media sosial. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Politik, Kampanye Politik, Tiktok, Yadi Rusmayadi. vi (E) DAFTAR PUSTAKA: 12 (buku), 37 (jurnal), 2 (situs online) (F) AHMAD JUNAIDI, S.S., M.Si.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 07:19 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 07:19 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |