LIE, DARREN (2024) PENGARUH TIKTOK TERHADAP MINAT MEMBELI EAT SAMBEL PADA GEN Z DI JAKARTA. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A)DARREN LIE (915210185) (B) PENGARUH TIKTOK TERHADAPMINAT MEMBELI EAT SAMBEL PADA GEN Z DI JAKARTA (C) XVII + 53 hlm, Tahun 2024, Tabel 5, Gambar 17, Lampiran 2 (D)BIDANG KONSENTRASI JURNALISTIK Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap minat membeli produk Eat Sambel di kalangan Generasi Z di Jakarta. TikTok, sebagai platform media sosial berbasis video pendek, telah menjadi sarana promosi yang efektif bagi banyak merek, termasuk Eat Sambel, sebuah UMKM kuliner yang menawarkan berbagai varian sambal khas Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna TikTok dan termasuk dalam Generasi Z di Jakarta dipilih sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli produk Eat Sambel, dengan kontribusi sebesar 60,2% terhadap variabel minat beli. Fitur utama seperti TikTok Shop dan live streaming menjadi faktor penting dalam menciptakan pengalaman interaktif dan meningkatkan daya tarik konsumen. Konten kreatif, seperti video resep dan ulasan pelanggan, juga berkontribusi dalam membangun minat beli. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya penggunaan media sosial, terutama TikTok, sebagai alat pemasaran digital yang efektif untuk menjangkau konsumen muda. Temuan ini memberikan panduan strategis bagi pelaku usaha untuk mengoptimalkan penggunaan TikTok dalam minat beli konsumen, khususnya Generasi Z di era digital. Kata Kunci: Media Sosial TikTok, Minat Membeli (E) DAFTAR PUSTAKA: 23 buku, 30 jurnal (F) AHMAD JUNAIDI, S.S, M.Si
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 06:37 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 06:37 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |