Putri, Kevina Cecilia (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Citra Perusahaan pada Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) KEVINA CECILIA PUTRI / 915210236 (B) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PUSAT PEMBINAAN PELATIHAN DAN SERTIFIKASI MANDIRI (P3SM) (C) xv + 61 hlm, Tahun 2024, tabel 4, gambar 6, Lampiran 9 (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak: Di era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat, citra perusahaan menjadi salah satu hal yang paling penting dalam keberlangsungan dan kesuksesan dari sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan serta tantangan dan kendala yang dihadapi dalam mempertahankan citra perusahaan di tengah persaingan industri pelatihan dan sertifikasi. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penerapan bauran komunikasi pemasaran yang terdiri dari elemen produk, harga, tempat, dan promosi, serta dampaknya terhadap persepsi masyarakat terhadap citra P3SM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap pihak internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P3SM telah mengoptimalkan bauran komunikasi pemasaran (marketing communications mix) yang terdiri dari Advertising berupa iklan melalui media cetak (brosur, banner, poster) dan media digital (Instagram ads dan google ads), Promotion (melalui media sosial Instagram, facebook, youtube, website), Public Relations (menjalin relasi dengan pihak internal dan eksternal Perusahaan), Personal Selling (pendekatan interpersonal dengan calon mitra dan pada saat pameran), Direct Marketing (menghubungi melalui email atau telepon). Strategi komunikasi pemasaran yang konsisten berhasil meningkatkan brand awareness dan memperkuat citra positif P3SM di mata masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi komunikasi pemasaran pada lembaga pelatihan dan sertifikasi di Indonesia. Kata Kunci: Hubungan Masyarakat, Bauran Komunikasi Pemasaran, Citra Perusahaan (E) DAFTAR PUSTAKA: 26 (jurnal) (G) Dr. Yugih Setyanto, S.Sos., M.Si. (F) NAMA CO-PEMBIMBING
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 07:14 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 07:14 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |