Prasetyo, Fajar Adi (2025) Pengaruh sistem pengkabutan bahan bakar terhadap performa dan emisi gas buang pada mesin sepeda motor (TM - 1404). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
![]() |
Text
file_cover_515210003.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
file_pengesahan_515210003.pdf Download (75kB) |
Abstract
Tugas akhir ini bersifat eksperimental, bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh perbedaan yang diunggulkan oleh mesin dengan sistem pengkabutan bahan bakar terbaru yaitu fuel injection, dengan sistem terdahulu yang sudah mulai ditinggalkan, karburator. Pada percobaan ini dilakukan 3 buah pengujian, diantaranya adalah; pengujian performa menggunakan dynamometer, pengujian sisa pembakaran emisi gas buang serta pengujian konsumsi bahan bakar dalam satuan waktu. Percobaan ini memerlukan modifikasi yang cukup banyak pada sektor pengapian. Modifikasi diawali dengan pemilihan komponen apa yang akan digunakan untuk merubah sistem pengapian. Tidak hanya itu saja, biasanya dalam modifikasi sistem pengapian seperti ini juga butuh beberapa penyesuaian yang berkaitan, contohnya pada pick up pulser di magnet spul. Setelah itu, dilakukan penyesuaian lagi untuk menginstalasi komponen sensor yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem pengapian ECU, seperti sensor TPS (Throttle Position Sensor), sensor O2, dan sensor EOT (Engine Oil Temperature). Mesin sepeda motor yang akan digunakan dalam percobaan adalah mesin Honda Karisma 125 yang masih menggunakan karburator standar sebagai variabel perbandingan. Sedangkan pada sistem pengkabutan fuel injection-nya akan menggunakan seperangkat alat elektronik dari Honda Supra X 125 PGM FI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 09 Feb 2025 04:52 |
Last Modified: | 04 May 2025 08:36 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/45903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |