Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Peluang Pertumbuhan, dan Persistensi Laba terhadap Koefisien Respon Laba pada Perusahaan Terdaftar dalam IDX30

Hensu, Kyla Evangelista (2024) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Peluang Pertumbuhan, dan Persistensi Laba terhadap Koefisien Respon Laba pada Perusahaan Terdaftar dalam IDX30. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Kyla Evangelista Hensu 125210192 JA.pdf

Download (753kB)

Abstract

Reaksi pasar terhadap pengumuman laba yang tidak terduga menjadi perhatian utama dalam studi keuangan. Earnings response coefficient (ERC) digunakan untuk mengukur sejauh mana perubahan harga saham dipengaruhi oleh pengumuman laba yang tidak terduga, mencerminkan respons pasar terhadap informasi laba tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh firm size, leverage, profitability, growth opportunities, dan earnings persistence terhadap ERC pada perusahaan IDX30 periode 2021–2023. Dengan menggunakan metode purposive sampling, data sekunder diolah menggunakan EViews 12. Temuan menunjukkan bahwa firm size memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ERC. Leverage dan growth opportunities berpengaruh positif dan tidak signifikan. Sebaliknya, profitability berpengaruh negatif tidak signifikan, sementara earnings persistence menunjukkan pengaruh negatif signifikan terhadap ERC. Kata Kunci : Earnings Response Coefficient, Firm Size, Leverage, Profitability, Growth Opportunities, Earnings Persistence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 10 Apr 2025 02:09
Last Modified: 10 Apr 2025 02:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46258

Actions (login required)

View Item View Item