Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Self-Regulated Learning Pada Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Semester Akhir

Aprianti, Dwi Sita (2022) Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Self-Regulated Learning Pada Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Semester Akhir. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fulltext - Dwi Sita Aprianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam mengurangi angka penyebaran covid-19, seluruh perguruan tinggi yang berada di seluruh dunia harus ditutup sementara, terlebih di Indonesia. Dengan adanya kasus terkonfirmasi positif covid-19 yang selalu meningkat tajam setiap harinya, seluruh instansi Pendidikan harus mengubah metode pembelajaran yang dilakukan dengan metode yang baru yaitu secara daring. Seluruh peserta didik dituntut untuk dapat beradaptasi secara cepat dengan metode pembelajaran yang berbeda. Pada sebelumnya proses pembelajaran dilakukan secara langsung di ruang kelas, tetapi saat ini pembelajaran dilakukan secara daring, peserta harus mencapai tujuan pembelajarannya dengan segala keterbatasan yang ada. Khususnya mahasiswa semester akhir yang memiliki beban dan tanggung jawab yang lebih berat. Mahasiswa semester akhir dituntut untuk dapat termotivasi dalam merencanakan dan mengatur strategi pembelajaran selama belajar daring. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan self-regulated learning yang baik. Self-regulated learning dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya merupakan self-efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap self-regulated learning pada pembelajaran online di masa pandemi covid-19 pada mahasiswa semester akhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 372 Mahasiswa semester akhir sebagai partisipan. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner online. Dalam penelitian ini, terdapat dua alat ukur yaitu General Self-Efficacy Scale (GSE) untuk mengukur self-efficacy pada mahasiswa dan Online Self-Regulated Learning Questionnaire (OSLQ) untuk mengukur Self-Regulated Learning pada pembelajaran online. Data yang didapatkan diolah dengan software SPSS versi 25. Dari kedua alat ukur tersebut memiliki nilai reliabilitas yang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap self-regulated learning pada pembelajaran online di masa pandemi covid-19 pada mahasiswa semester akhir (p = 0.001 < 0.05, t = 6,166)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, self-regulated learning, pembelajaran online, mahasiswa semester akhir
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 May 2025 01:58
Last Modified: 05 May 2025 01:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46496

Actions (login required)

View Item View Item