Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kepuasan Hidup pada Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19

Witardjo, Jennifer Sherine (2022) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kepuasan Hidup pada Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fulltext - Jennifer Sherine Witardjo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan media sosial Instagram mengalami lonjakan di masa pandemi COVID-19. Hal ini dikarenakan, mahasiswa yang diharuskan untuk tetap berada di rumah, harus belajar, berkomunikasi, dan mendapatkan informasi dari media sosial, sehingga meningkatkan waktu dan frekuensi penggunaan media sosial. Dengan kata lain, media sosial telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari bagi mahasiswa. Akibatnya, penggunaan media sosial dapat menjadi salah satu prediktor dari kepuasan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap kepuasan hidup pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pengambilan sampel yang dilakukan secara daring. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 415 mahasiswa dengan rentang usia 18-25 tahun. Adapun alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instagram Intensity Scale dan Satisfaction With Life Scale (SWLS). Dari penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi linier Y = 2.934 + 0.431x dengan nilai signifikan (sig.) sebesar 0.000, yang berarti penggunaan media sosial Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan hidup pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Instagram, Kepuasan Hidup, Mahasiswa, Pandemi COVID-19
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 May 2025 07:02
Last Modified: 05 May 2025 07:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/46520

Actions (login required)

View Item View Item