Penggunaan Sistem Outsourcing Pada Pekerja Customer Care Di PT. Bank Internasional Indonesia (BII) Maybank / oleh Riko Regina Putra

PUTRA, RIKO REGINA (2013) Penggunaan Sistem Outsourcing Pada Pekerja Customer Care Di PT. Bank Internasional Indonesia (BII) Maybank / oleh Riko Regina Putra. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

abstrak(A)Nama : Riko Regina Putra (NIM : 205090060) (B) Judul Skripsi : Penggunaan Sistem Outsourcing Pada Pekerja Customer Care Di PT. Bank Internasional Indonesia (BII) Maybank(C)Halaman : x+85+148+2013 (D)Kata Kunci : Sistem Outsourcing Pekerja Customer Care (E)Isi : Pada zaman sekarang ini, penggunaan Outsourcing menjadi salah satu solusi bagi perusahaan dalam menekan biaya produksi dalam membiayai sumber daya manusia (SDM). Pekerja customer care di PT. BII Maybank salah satunya, yang menggunakan sebagian pekerjanya berupa outsourcing. Hal ini mendapat isu bahwa penggunaan pekerja customer care di PT. perbankan dilarang berdasarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 13/25/PBI/2011 tentang Prinsip Kehati-hatian Bagi Bank Umum Yang Melakukan Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan Kepada Pihak Lain. Hal inilah yang menjadi permasalahan, yaitu penggunaan pekerja outsourcing di bidang customer care di PT. BII Maybank ini telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau tidak, dan mengenai upaya hukum yang dapat diambil mengenai hal tersebut. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, dengan data sekunder, yang terdiri dari bahan hukum primer yaitu undang-undang, bahan hukum sekunder yaitu buku, dan bahan tersier yaitu kamus dan artikel. Penelitian ini juga menggunakan data wawancara sebagai tambahan sumbernya. Data yang didapat dari penelitian ini berupa profil PT. BII Maybank, draft perjanjian kerja outsourcing, serta rincian data outsourcing. Analisis yang didapat dari penelitian ini yaitu terdapat benturan terhadap kedua peraturan perundang-undangan setingkat,yaitu PBI No. 13/25/PBI/2011 dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja danTransmigrasi No. 19 Tahun 2012 tentang Syarat-Syarat Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan Kepada Perusahaan Lain, sehingga yang seharusnya digunakan adalah Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa sebenarnya PT. BII Maybank tidak melanggar peraturan perundang-undangan mengenai outsourcing, dan upaya hukumnya seharusnya berupa sanksi, walaupun sebenarnya tidak perlu dilakukan. (F)Acuan: 41 (1813+2013)(G)Pembimbing: Dr. Andari Yurikosari, S.H., M.H. (H)Penulis: Riko Regina Putra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 23 Jul 2018 06:20
Last Modified: 23 Jul 2018 06:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/4663

Actions (login required)

View Item View Item