Identifikasi Tindak Pelanggaran Kode Etik Periklanan Indonesia Melalui Analisis Semiotik (Studi kasus Iklan Kartu AS Versi Sule dan Dongeng VS Iklan Kartu XL Baim-Sule dan Korban Ketagihan SMS/Stephanie Chandra

Stephanie, Chandra (2012) Identifikasi Tindak Pelanggaran Kode Etik Periklanan Indonesia Melalui Analisis Semiotik (Studi kasus Iklan Kartu AS Versi Sule dan Dongeng VS Iklan Kartu XL Baim-Sule dan Korban Ketagihan SMS/Stephanie Chandra. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis dua versi TVC kartu AS yang menyindir dua versi TVC kartu XL. Iklan tersebut adalah iklan kartu AS versi Sule dan versi Dongeng dengan iklan kartu XL versi Baim-Sule dan versi Korban ketagihan SMS. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda pelanggaran iklan kartu AS versi Sule dan versi Dongeng terhadap Etika Periklanan Indonesia melalui teknik analisis semiotik Charles Sanders Pierce yang memperlihatkan hubungan antara tanda, interpretasi dan objek. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh dokumen iklan dalam bentuk video melalui berbagai sumber serta melakukan wawancara kepada narasumber terkait studi kasus. Berdasarkan analisis segitiga pemaknaan C.S. Pierce ditemukan tanda-tanda pelanggaran terhadap EPI Bab III. A. No. 1.2.2 dan EPI Bab III. A. No. 1.21 dalam TVC kartu AS versi Sule dan versi Dongeng berupa kata superlatif dan penyindiran secara tidak langsung terhadap TVC XL versi Baim-Sule dan Korban Ketagihan SMS melalui kata-kata dan simbol ikon iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 27 Jul 2018 03:56
Last Modified: 27 Jul 2018 03:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/5666

Actions (login required)

View Item View Item