Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Sebagai Publik Eksternal Public Relations Pada Restoran Secret

Christian, Christian (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Sebagai Publik Eksternal Public Relations Pada Restoran Secret. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pelayanan menjadi standar kinerja bagi perusahaan jasa dan merupakan faktor terpenting bagi kepuasan konsumen/pelanggan. Dalam rangka mengembangkan pemikiran mengenai kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen/pelanggan yang merupakan publik eksternal public relations, penulis melakukan penelitian mengenai keterkaitan antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen di restoran Secret Recipe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebagai publik eksternal public relations di restoran Secret Recipe Mall Puri Indah - Jakarta. Pelayanan atau jasa yang diberikan berpedoman pada dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari berwujud, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Sedangkan kepuasan pelanggan terdiri dari tujuh dimensi yaitu nilai, daya saing, persepsi pelanggan, harga, citra, tahap pelayanan, dan momen pelayanan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung restoran Secret Recipe. Populasi dari penelitian ini adalah pengunjung restoran Secret Recipe dengan menggunakan sampel sebanyak 60 responden. Responden dipilih dengan menggunakan Teknik Pengambilan Sampel Non-probability Sampling, dan tipe penarikan sampel Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan maksud dan tujuan tertentu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, dan uji regresi linear sederhana dimana hasil pengolahan data menggunakan SPSS versi 17.0. Dengan nilai signifikansi (Sig.) yaitu sebesar 0,000 berada di bawah 0,05 atau 5%, hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang merupakan publik eksternal public relations.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Publik Eksternal, Public Relations
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 31 Jul 2018 01:39
Last Modified: 31 Jul 2018 01:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/6213

Actions (login required)

View Item View Item