DHARMA, SURYA (2008) Perlindungan hukum bagi konsumen internet banking (studi pada E-Banking Bank Mandiri) / oleh Surya Dharma. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.
Full text not available from this repository.Abstract
abstrak (A) Nama : Surya Dharma (NIM: 205040159) (B) Judul Skripsi : Perlindungan Hukum bagi Konsumen Internet Banking (Studi pada E-Banking Bank Mandiri) (C) Jumlah Halaman: 136 + Lampiran + 2008 (D) Kata Kunci : Konsumen, E-banking, Transaksi Elektronik (E) Isi Abstrak : Perkembangan teknologi Internet telah dimanfaatkan oleh perbankan untuk menyediakan layanan Internet banking. Meskipun Internet banking sarat dengan risiko, bank lebih melihat Internet banking sebagai tantangan dan peluang untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu bank yang menggunakan layanan Internet banking adalah PT Bank Mandiri. Bank Indonesia sebagai otoritas pengatur dan pengawas bank banyak mengeluarkan peraturan termasuk peraturan yang terkait dengan penyelenggaraan Internet banking. Peraturan-peraturan ini dimaksudkan agar bank dalam menjalankan kegiatan usahanya senantiasa memperhatikan prinsip kehati-hatian dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Bank yang beroperasi dengan baik dan dinilai sehat, baik langsung maupun tidak langsung dapat memberikan perlindungan yang lebih baik kepada nasabah. Namun sayangnya, apabila ditelaah lebih jauh mengenai praktek penyelenggaraan Internet banking masih banyak ditemui adanya hal-hal yang sangat merugikan konsumen, seperti adanya penyamtuman klausula terms and conditions yang lebih mengutamakan kepentingan bank. Hak-hak konsumen yang seharusnya dipenuhi oleh bank ternyata belum sepenuhnya mendapat perhatian yang semestinya. Oleh karena itu, sudah sewajarnya apabila bank mulai memperhatikan kepentingan konsumen sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik oleh karena bentuk layanan E-banking ini masih terbilang baru dalam konteks sistem hukum Indonesia, maka menjadi menarik untuk diteliti seberapa jauh ketentuan hukum yang ada telah memberikan perlindungan bagi konsumen jasa Internet banking. Hasil penelitian menunjukan perlindungan hukum terhadap konsumen bank saat ini masih belum memuaskan. (F) Acuan : 76 (1976-2008) (G) Pembimbing (Dr. Shidarta, SH, M.Hum.) (H) Penulis (Surya Dharma)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Puskom untar untar |
Date Deposited: | 31 Jul 2018 04:09 |
Last Modified: | 31 Jul 2018 04:09 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/6233 |
Actions (login required)
View Item |