Pertanggungjawaban Perusahaan Pengirim Barang Terhadap Kerugian Konsumen Berdasarkan Undang-Undang No.1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dalam Putusan No.1405/ Pdt.G/ 2009/PN.Jaksel antara PT. Birotika Semesta (DHL) Melawan Syamsir Agus / oleh Treasia

TREASIA, TREASIA (2012) Pertanggungjawaban Perusahaan Pengirim Barang Terhadap Kerugian Konsumen Berdasarkan Undang-Undang No.1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dalam Putusan No.1405/ Pdt.G/ 2009/PN.Jaksel antara PT. Birotika Semesta (DHL) Melawan Syamsir Agus / oleh Treasia. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jasa pengiriman barang merupakan salah satu jasa yang mengakomodir kebutuhan manusia saat ini karena efektivitas dan efisiensi khususnya dalam bidang pengiriman barang. Kegiatan pengangkutan udara tidak lepas dari segala resiko. Permasalahan dalam penelitain ini adalah Bagaimana pertanggungjawaban perusahaan pengirim barang terhadap kerugian konsumen berdasarkan Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dalam Putusan No.1405/Pdt.G/2009/PN.Jaksel antara PT. Birotika Semesta (DHL) melawan Syamsir Agus? Metode penelitian yang digunakan adalah hukum normatif dengan pendekatan undang-undang dan kasus. Data hasil penelitian menunjukan bahwa DHL bertanggung jawab penuh terhadap kehilangan sebagian kargo yang diangkut meskipun di awal pengirim barang tidak memberitahu nilai/harga barang yang dikirim. Pihak DHL terhadap kerugian konsumen membayar penuh barang yang dihilangkan tanpa mengacu kepada peraturan perundang-undangan maupun yang tertera dalam surat muatan udara (air waybill), melainkan mengacu kepada putusan majelis hakim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ganti kerugian, kargo.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 03 Aug 2018 01:02
Last Modified: 03 Aug 2018 01:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/6725

Actions (login required)

View Item View Item