STRATEGI PEMBELAJARAM INDIVIDUAL: SUATU TINJAUAN INDIVIDUAL CONTRUCTIVIST THEORY (PIAGET)

Mularsih, Heni (2008) STRATEGI PEMBELAJARAM INDIVIDUAL: SUATU TINJAUAN INDIVIDUAL CONTRUCTIVIST THEORY (PIAGET). Widya Pendidikan, 1 (2). pp. 1-20.

[img]
Preview
Text
7_Heni_2008_Widya_Pendidikan_SPI_constructivist_Theory.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran individul dengan menggunakan modul menekankan pada cara belajar siswa secara mandiri di mana setiap individu/siswa dituntut untuk aktif mempelajari materi ajar dalam bentuk modul yang sudah disediakan oleh guru. Siswa dituntut untuk menilai sendiri hasil kerjanya dengan cara mencocokkan kunci jawaban yang telah disediakan. Jika sudah mencapai tujuan belajar minimal 75%, siswa tersebut dikatakan sudah mencapai ketuntasan belajar. Menurut teori konstrativis individual (Piaget), anak akan mampu mengkonstruksi sendiri pengalamannya sesuai dengan tahapan perkembangannya. Kesiapan anak dalam belajar secara optimal sangat ditentukan oleh tahapan perkembangan anak tersebut. Dengan demikian, pemberian materi ajar yang sesuai dengan perkembangan siswa dalam bentuk modul merupakan stimulus yang memfasilitasi siswa untuk aktif secara mandiri dalam belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran individual,modul , konstruktivisme individual, ketuntasan belajar.
Subjects: Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:35
Last Modified: 10 Aug 2018 02:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/7553

Actions (login required)

View Item View Item