Perlindungan konsumen terhadap perjanjian kredit pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Jalan Jenderal Sudirman ditinjau dari undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen / oleh Eva Dahlia

DAHLIA, EVA (2004) Perlindungan konsumen terhadap perjanjian kredit pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Jalan Jenderal Sudirman ditinjau dari undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen / oleh Eva Dahlia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perjanjian kredit merupakan salah satu dari bentuk klausula baku yang sudah dibuat sebelumnya oleh salah satu pihak yaitu kreditur/pelaku usaha. Ketentuan pencantuman klausula baku dalam suatu perjanjian sudah diatur dalam Pasal 18 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Klausula baku yang terdapat dalam perjanjian kredit khususnya pada Bank Negara Indonesia harus disesuaikan dengan ketentuan Pasal 8 tersebut. Sampai saat ini Bank Negara Indonesia telah menyesuaikan tiga pasal dalam perjanjian kerdit dan masih ada beberapa pasal yang perlu disesuaikan lagi dengan Undang-undang perlindungan konsumen. Bank Negara Indonesia yang merupakan Bank pertama di Indonesia yang masih berdiri dan berkembang sampai saat ini, sudah seharusnya memberikan contoh pertama bagi bank-bank lainnya. Salah satunya adalah tidak berhenti hanya sampai ketiga pasal yang sudah disesuaikan tersebut, tetapi menyesuaikan juga beberapa pasal dalam perjanjian kerdit yang menjadi analisa penulis pada Bab IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 14 Aug 2018 09:04
Last Modified: 14 Aug 2018 09:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/7911

Actions (login required)

View Item View Item