HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PERAN IBU DENGAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI ANAK USIA PRASEKOLAH. STUDI PADA TK MUTIARA INDONESIA DI JAKARTA

AISYAH, SITI (2001) HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PERAN IBU DENGAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI ANAK USIA PRASEKOLAH. STUDI PADA TK MUTIARA INDONESIA DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak merupakan pewaris nilai-nilai keluarga dan generasi penerus bangsa. Tumbuh kembang anak tidak lepas dari peran orangtua khususnya ibu, yang merupakan tempat anak memperoleh kasih sayang, perhatian dan perawatan. Periode prasekolah dimulai saat anak berusia 3-6 tahun. Secara teoritis usia 3-6 tahun merupakan masa kritis dibandingkan dengan masa-masa perkembangan lainnya. Pengalaman-pengalaman anak dalam berinteraksi dengan keluarga khususnya ibu akan menentukan pola tingkah laku anak dalam berhubungan dengan orang lain dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara pelaksanaan peran ibu dengan kemampuan penyesuaian diri anak usia prasekolah. Subjek penelitian melibatkan 30 ibu yang anaknya bersekolah di TK Mutiara Indonesia cabang Tanjung Duren dan Taman Surya, yang berdomisili di Jakarta Barat. Alat ukur penelitian ini adalah kuesioner yang diolah dengan bantuan program SPSS for windows release 10.0. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Perason product moment. Hasil yang diperoleh, ada hubungan antara pelaksanaan peran ibu dengan kemampuan penyesuaian dir anak usia prasekolah. Oleh karena itu orangtua khususnya ibu sebagai tokoh yang berperan dalam proses tumbuh kembang anak selayaknya dapat melaksanakan perannya terhadap anak, baik segi fisik, psikis, dan sosial, sehingga anak memiliki kemapuan penyesuaian dir dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:02
Last Modified: 19 Oct 2018 09:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/8888

Actions (login required)

View Item View Item