Muatan Feminisme dalam film aksi (analisis Semiotika Film Wonder Woman)

Lia, San San (2018) Muatan Feminisme dalam film aksi (analisis Semiotika Film Wonder Woman). Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai feminisme yang ada pada tokoh Diana dalam Film Wonder Woman karya sutradara Patty Jenkins. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi, studi pustaka dan sumber online. Data penelitan dianalisis dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Perice dengan menggunakan segitiga makna Peirce yaitu, tanda, objek dan intepretan. Film Wonder Woman merupakan film yang berbeda dari film action pada umumnya yang dimana dalam film action biasanya hanya didominasi oleh tokoh laki-laki, sedangkan perempuan hanya menjadi pendukung. Di film ini, sosok perempuan menjadi fokus utama, dimana perempuan. Hasil dari penelitian ini adalah nilai feminisme tokoh Diana dalam film Wonder Woman yang dimana Diana yang seorang perempuan mempunyai kekuatan fisik, lebih kuat dari laki-laki pada umumnya, dapat menentukan keputusannya sendiri dan juga memiliki kemampuan dalam memimpin. Film ini masuk kedalam katagori feminise radikal karena Diana sebagai seorang perempuan diceritakan lebih unggul dibandingkan dengan tokoh laki-laki dalam film. Cerita dalam film ini digambarkan hanya sebatas fiksi dan kurang realistis. Meskipun, hanya sebagai film fiksi film ini membawa pengaruh feminisme yang arahnya berubah dari fiksi menjadi non fiksi. Kata Kunci : Feminisme, Semiotika, Charles Sanders Peirce.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:02
Last Modified: 06 Dec 2018 09:02
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/9418

Actions (login required)

View Item View Item