Hubungan Antara Personality Traits Dengan Motivasi Bermain Online Game Pada Remaja Akhir

Chandra, Jessica (2013) Hubungan Antara Personality Traits Dengan Motivasi Bermain Online Game Pada Remaja Akhir. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Massively Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPGs) merupakan jenis permainan dengan jaringan internet yang memerlukan interaksi sosial. MMORPGs kini menjadi permainan yang sangat populer di kalangan remaja. Pada masa transisi ini para remaja menjadi lebih dekat dengan teman sebaya mereka. Melalui online game, remaja dapat memenuhi kebutuhan bersosialisasi mereka. Remaja yang berusia 11-20 tahun berada pada tahap identity vs identity confusion dan sedang mencari tahu identitas diri serta status sosial mereka di masyarakat. Penelitian ini mencoba melihat hubungan personality traits dengan motivasi bermain online game jenis MMORPGs pada remaja akhir. Subyek penelitian ini adalah 203 remaja yang berusia 18-22 tahun dan bermain MMORPGs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara personality traits dengan motivasi bermain online game. Penelitian menemukan hubungan pada dimensi extraversion dengan motivasi relationship (r=0,266, p<0,05) dan motivasi achievement (r=0,176, p<0,05), serta hubungan pada dimensi agreeableness dengan motivasi relationship (r=0,192, p=0,006). Sementara dimensi openness, conscientiousness, dan neuroticism tidak memiliki hubungan dengan motivasi bermain online game.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Feb 2019 06:03
Last Modified: 01 Feb 2019 06:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/9871

Actions (login required)

View Item View Item